PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATANMELUKIS DENGAN JARI (FINGER PAINTING) DITAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA KABUPATEN JENEPONTO

MILAWATI (2022) PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATANMELUKIS DENGAN JARI (FINGER PAINTING) DITAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (87kB)
[img] Text
Bab 1.docx

Download (30kB)
[img] Text
Bab 2.docx

Download (43kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran.docx

Download (62kB)
[img] Text
Lampiran Foto.docx

Download (1MB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (36kB)

Abstract

Milawati, 2014. Peningkatan Kreativitas Anak melalui Kegiatan Melukis dengan Jari (Finger Painting) di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kabupaten Jeneponto. Skripsi dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Muhammad Akil Musi, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kreativitas anak melalui pelaksanaan kegiatan melukis dengan jari (finger painting) di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kabupaten Jeneponto. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak melalui pelaksanaan kegiatan melukis dengan jari (finger painting) di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kabupaten Jeneponto. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri 4 komponen dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah melukis dengan jari (finger painting) dan kreativitas anak. Penelitian ini dilaksanakan atas 2 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru serta anak kelompok B yang terdiri atas 15 anak didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyelidikan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai pada siklus I, pelaksanaan kegiatan melukis dengan jari belum terlaksana dengan baik sehingga saat melukis, anak masih tidak mengetahui hal yang harus mereka lakukan sehingga anak sering melirik dan mengikuti hasil karya yang dibuat temannya. Hal ini menyebabkan kreativitas anak tidak meningkat. Pada siklus II guru telah melaksanakan kegiatan dengan baik. Anak memahami dengan baik kegiatan yang harus dilakukan sehingga pada saat anak diminta melukis dengan jari, anak mampu membuat hasil karya sendiri tanpa meniru hasil karya temannya, anak mampu menggerakkan tangannya dengan luwes dan melukis dengan lancar. Selain itu, anak mampu menuangkan ide-ide kreatifnya dengan menciptakan berbagai bentuk dan warna sesuai keinginan mereka. Sebagai kesimpulan, pelaksanaan kegiatan melukis dengan jari (finger painting) dapat meningkatkan kreativitas anak di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kabupaten Jeneponto.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Dec 2022 06:54
Last Modified: 14 Dec 2022 06:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26108

Actions (login required)

View Item View Item