PENERAPAN KEGIATAN MENGGAMBAR BEBAS DALAM MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK SATU ATAP SDN 32 DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG

MASDALIAH (2022) PENERAPAN KEGIATAN MENGGAMBAR BEBAS DALAM MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK SATU ATAP SDN 32 DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
smpul ku.docx

Download (75kB)
[img] Text
BAB I nEW.docx

Download (61kB)
[img] Text
RKH I.docx

Download (27kB)
[img] Text
RKH II.docx

Download (27kB)
[img] Text
Siklus I-1.docx

Download (39kB)
[img] Text
Siklus I-2.docx

Download (40kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (42kB)

Abstract

Masdaliah. 2014. Penerapan kegiatan menggambar bebas dalam meningkatkan motorik halus anak di Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 32 Duampanua Kabupaten Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si dan Azizah Amal, SS, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan kegiatan menggambar bebas dalam meningkatkan motorik halus anak di taman kanak-kanak satu atap SDN 32 Duampanua Kabupaten Pinrang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kegiatan menggambar bebas dalam meningkatkan motorik halus anak di taman kanak-kanak satu atap SDN 32 Duampanua Kabupaten Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan kegiatan menggambar bebas dan motorik halus anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I aktivitas guru dan anak kategori cukup pada kegiatan motorik halus melalui kegiatan menggambar bebas. Sedangkan pada siklus II aktivitas guru dan anak meningkat kategori baik pada kegiatan motorik halus melalui kegiatan menggambar bebas. Sehingga dapat disimpulkan penerapan kegiatan menggambar bebas dapat meningkatkan motorik halus anak di taman kanak-kanak satu atap SDN 32 Duampanua Kabupaten Pinrang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Dec 2022 03:11
Last Modified: 13 Dec 2022 03:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26065

Actions (login required)

View Item View Item