PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN AL-QUR’AN DENGAN PENERAPAN METODE IQRO’ PADA ANAK KELAS B RAUDHATUL ATHFAL TARBIYYAH AL-AZHAR TIROANG KECAMATAN TIROANG KABUPATEN PINRANG

Hasda. (2022) PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN AL-QUR’AN DENGAN PENERAPAN METODE IQRO’ PADA ANAK KELAS B RAUDHATUL ATHFAL TARBIYYAH AL-AZHAR TIROANG KECAMATAN TIROANG KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
ABSTRAK, PRAKATA, MOTTO.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (75kB)
[img] Text
LEMBAR 0BSERVASI AKTIVITAS ANAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (49kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP PENELITI.docx

Download (38kB)

Abstract

Hasda. 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Al-Qur’an Dengan Penerapan Metode Iqro’ Pada Anak Kelas B Raudhatul Athfal Tarbiyyah Al-Azhar Tiroang Kabupaten Pinrang . Skripsi dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd. dan Syamsuardi, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan universitas Negeri Makassar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah pertama, anak belum mengenal huruf hijaiyyah dan tidak dapat membedakan huruf yang satu dengan yang lain contoh huruf ba disebut tsa. Kedua, pengucapan huruf yang salah hal ini terlihat ketika salah satu anak diminta untuk menyebutkan beberapa huruf hijaiyyah. Ketiga, dalam pembelajaran guru masih menggunakan teknik menirukan secara lisan dengan tidak menggunakan media sehingga anak-anak kurang mengingat kosakata yang telah disampaikan dan pembelajaran yang kurang menarik membuat anak cepat bosan , adapun rumusan masalah adalah “Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan metode Iqro’ pada anak kelas B di Raudatul Athfal Tarbiyyah Al-Azhar Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang?”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca Permulaan melalui penerapan metode iqro’ pada anak kelas B di Raudatul Athfal Tarbiyyah AL-Azhar Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah peningkatan kemampuan membaca permulaan Al-qur’an dengan penerapan metode iqro’ pada anak kelas B raudhatul athfal tarbiyyah al-azhar Tiroang Kabupaten Pinrang. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, siklus I dilaksanakan 3 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru kelompok B serta anak kelompok B yang terdiri atas 10 anak didik yaitu 6 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dan wawancara. Data kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil dari siklus I dan siklus II penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan Al-qur’an anak di Raudhatul Athfal Tarbiyyah Al-Azhar Kabupaten Pinrang dapat meningkat melalui penerapan metode Iqro’.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Dec 2022 02:54
Last Modified: 13 Dec 2022 02:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26064

Actions (login required)

View Item View Item