SUNARTI (2022) PERILAKU SOSIAL ANAK DIDIK DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI TAMAN KANAK-KANAK TIROANG KECAMATAN TIROANG KABUPATEN PINRANG.
Text
SAMPUL DAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx Download (41kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI, MOTTO, ABSTRAK,PRAKATA, RIWAYAT HIDUP.docx Download (62kB) |
|
Text
DAFTAR_ISI.docx Download (24kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (29kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (13kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.docx Download (824kB) |
|
Text
RKH.docx Download (38kB) |
Abstract
SUNARTI. 2014. Perilaku Sosial Anak Didik dalam Pembelajaran Kooperatif di Taman Kanak-kanak Tiroang Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Herman, S.Pd, M.Pd masing-masing sebagai Pembimbing I dan Pembimbing II pada Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah perilaku sosial anak didik dalam pembelajaran kooperatif di Taman Kanak-kanak Tiroang Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana perilaku sosial anak didik dalam pembelajaran kooperatif di Taman Kanak-kanak Tiroang Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perilaku sosial anak didik dalam pembelajaran kooperatif di Taman Kanak-kanak Tiroang Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Kehadiran peneliti sebagai tolak ukur keberhasilan untuk memahami kasus yang diteliti. Lokasi penelitian di Taman Kanak-kanak Tiroang Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. Sumber data yaitu 1 orang guru melalui wawancara dan mengamati 10 orang anak. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data yaitu mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Dalam penelitian kualitatif memakai 3 macam pengecekan keabsahan data antara lain kepercayaan, kebergantungan, kepastian. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu tahap sebelum ke lapangan mencakup observasi lapangan dan permohonan ijin kepada subyek yang diteliti, tahap pekerjaan lapangan diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, tahap analisis data meliputi analisis data baik yang diperoleh dari observasi dan dokumentasi dan tahap penulisan lapangan meliputi penyusunan hasil penelitian. Kesimpulan hasil penelitian yaitu proses pelaksanaan perilaku sosial anak didik dalam pembelajaran kooperatif belum maksimal karena guru kurang maksimal dalam menerapkan langkah-langkah pembelajaran kooperatif di Kelompok B2 Taman Kanak-kanak Tiroang Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 02:17 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 02:17 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26060 |
Actions (login required)
View Item |