PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBILANG MELALUI BERMAIN KARTU ANGKA DI TAMAN KANAK-KANAK PGRI NENE’ MALLOMO KECAMATAN WATTANG SIDENRENG KABUPATEN SIDRAP

ANDI RAHYUNI WITTIRI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBILANG MELALUI BERMAIN KARTU ANGKA DI TAMAN KANAK-KANAK PGRI NENE’ MALLOMO KECAMATAN WATTANG SIDENRENG KABUPATEN SIDRAP.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (88kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.doc

Download (182kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (98kB)
[img] Text
KISI-KISI.docx

Download (48kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (37kB)
[img] Text
SKENARIO PEMBELAJARAN.docx

Download (25kB)
[img] Text
HASIL PENELITIAN.docx

Download (87kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIA1.docx

Download (917kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDU1.docx

Download (42kB)

Abstract

ANDI RAHYUNI WITTIRI, 2014. Peningkatan Kemampuan Membilang Melalui Bermain Kartu Angka Di Taman Kanak-Kanak PGRI Nene’ Mallomo Kecamatan Wattang Sidenreng Kabupaten Sidrap. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Azizah Amal, S.S, M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan Membilang Melalui bermain kartu angka pada anak usia dini di Taman Kanak-Kanak PGRI Nene Mallomo Desa Empagae Kecamatan Wattang Sidenreng Kabupaten Sidrap?. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan Membilang Melalui bermain Kartu angka pada anak usia dini di Taman Kanak-Kanak PGRI Nene’Mallomo Desa Empagae Kecamatan Wattang Sidenreng Kabupaten Sidrap. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian ini di Taman Kanak-Kanak PGRI Nene Mallomo. Subjek penelitian ini adalah kelompok A sebanyak 10 orang dan 1 orang guru. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I kegiatan bermain kartu angka belum terlaksana dengan baik, hal ini disebabkan kurangnya kesempatan yang diberikan guru kepada anak didik pada saat kegiatan berlangsung sehingga anak merasa tidak diperhatikan dan lebih memilih bermain sendiri. Pada siklus II kegiatan bermain kartu angka sudah terlaksana dengan baik dan kemampuan membilang anak di Taman Kanak-Kanak PGRI Nene Mallomo sudah tercapai dengan baik . Hal ini dapat dilihat dari observasi kegiatan guru pada siklus II yang menunjukkan hasil yang maksimal pada saat kegiatan bermain kartu angka anak sudah mampu membilang/menyebut urutan bilangan dari 1 sampai 10 dan membilang dengan menunjuk 1 sampai 10. Dengan demikian kemampuan membilang anak melalui kegiatan bermain kartu angka di Taman Kanak-Kanak PGRI Nene Mallomo dapat ditingkatkan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Dec 2022 06:23
Last Modified: 12 Dec 2022 06:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26055

Actions (login required)

View Item View Item