PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK MELALUI BERMAIN DADU DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH TALA-TALA I KABUPATEN BANTAENG

SURIYANI. A (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK MELALUI BERMAIN DADU DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH TALA-TALA I KABUPATEN BANTAENG.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.doc

Download (182kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (88kB)
[img] Text
KISI-KISI.docx

Download (58kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDU1.docx

Download (39kB)

Abstract

SURIYANI. A, 2014 Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Melalui Bermain Dadu Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Tala-tala I Kabupaten Bantaeng. Skripsi dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Tala-tala I Kabupaten Bantaeng melalui bermain dadu?, Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep bilangan anak melalui permainan dadu di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Tala-tala I Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setting penelitian ini di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Tala-tala I Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini dilaksanakan pada kelompok A dengan jumlah anak sebanyak 15 orang dan 1 orang guru. Fokus penelitian ini adalah kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui kegiatan bermain dadu. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui bermain dadu di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Tala-tala I Kabupaten Bantaeng Kemampuan Mengenal Konsep bilangan anak dapat ditingkatkan dalam hal membilang/menyebut urutan bilangan dari 1-12 dan membuat urutan bilangan 1-12 dengan benda-benda. Pada siklus I peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep bilangan anak belum mengalami peningkatan yang maksimal hal ini dikarenakan kurangnya kesempatan yang diberikan guru kepada anak didik pada saat kegiatan berlangsung sehingga anak merasa tidak diperhatikan dan lebih memilih bermain sendiri ketimbang bermain bahan alam. Pada siklus II peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep bilangan anak sudah mengalami perkembangan, dimana kekurangan-kekurangan yang terjadi pada siklus I sudah dapat diperbaiki dan menunjukkan peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep bilangan anak. Dengan demikian melalui bermain dadu Kemampuan Mengenal Konsep bilangan anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Tala-tala I Kabupaten Bantaeng dapat ditingkatkan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Dec 2022 02:20
Last Modified: 12 Dec 2022 02:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26041

Actions (login required)

View Item View Item