PENINGKATAN PERILAKU SOSIAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TAMAN KANAK-KANAK NURUL YAKIN MAKASSAR

GUSLINCA (2022) PENINGKATAN PERILAKU SOSIAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TAMAN KANAK-KANAK NURUL YAKIN MAKASSAR.

[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (86kB)
[img] Text
Bab 1.docx

Download (32kB)
[img] Text
Bab 2.docx

Download (42kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (19kB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran.docx

Download (102kB)
[img] Text
matahari,muncullah kembali.rtf

Download (60kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (12kB)

Abstract

Guslinca, 2014. Peningkatan Perilaku Sosial Anak melalui Metode Bermain Peran di Taman Kanak-Kanak Nurul Yakin Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana peningkatan perilaku sosial anak melalui Metode Bermain Peran di Taman Kanak-Kanak Nurul Yakin Makassar?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan perilaku sosial anak melalui metode bermain peran di Taman Kanak-Kanak Nurul Yakin Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri 4 komponen dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah metode bermain peran dan perilaku sosial. Penelitian ini terdiri atas 4 siklus dengan 2 pertemuan pada tiap siklus. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan anak kelompok B berjumlah 15 anak didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyelidikan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai pada siklus I, siklus II, dan siklus III, perilaku sosial anak belum meningkat. Hal ini disebabkan pelaksanaan kegiatan bermain peran belum sepenuhnya berjalan dengan baik sehingga perilaku sosial yang diharapkan meningkat melalui kegiatan bermain peran belum tercapai. Pada siklus IV, perilaku sosial anak meningkat. Guru telah melaksanakan kegiatan bermain peran dengan baik. Anak mampu menunjukkan sikap mau berbagi mainan, mau menunggu giliran dalam menggunakan peralatan (mainan), dan mau bekerjasama dalam menyelesaikan tugas. Sebagai kesimpulan, kegiatan bermain peran dapat meningkatkan perilaku sosial anak di Taman Kanak-Kanak Nurul Yakin Makassar. Karena itu, kegiatan mewarnai gambar direkomendasikan untuk dijadikan alternatif tindakan dalam meningkatkan perilaku sosial anak di Taman Kanak-Kanak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Dec 2022 02:12
Last Modified: 12 Dec 2022 02:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26040

Actions (login required)

View Item View Item