MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO KASET CERITADI TAMAN KANAK-KANAK HANG TUAH MAKASSAR

NUR ASIAH ARIF HR (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO KASET CERITADI TAMAN KANAK-KANAK HANG TUAH MAKASSAR.

[img] Text
Sampul.docx

Download (38kB)
[img] Text
1. Daftar isi.docx

Download (97kB)
[img] Text
2. Skripsi.docx

Download (104kB)
[img] Text
4. Lampiran observasi.docx

Download (38kB)
[img] Text
5. Dokumentasi.docx

Download (940kB)
[img] Text
6. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (46kB)

Abstract

NUR ASIAH ARIF HR.2014. Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Media Audio Kaset Cerita Di Taman Kanak-Kanak Hang Tuah Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Rusmayadi, S.Pd, M.Pd dan Dr. Abdul Saman, M.Psi, Kons. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah media audio kaset cerita dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak usia dini di kelompok B1 pada Taman Kanak-Kanak Hang Tuah Makassar? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan menyimak anak usia dini melalui penggunaan media audio kaset cerita pada kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Hang Tuah Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan 12 anak Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Hang Tuah Makassar, dengan rincian, 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014 pada semester genap. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yaitu teknik analisis data kualitatif dengan cara mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verikfikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Media Audio Kaset Cerita Di Taman Kanak-Kanak Hang Tuah Makassar meningkat terlihat dari hasil observasi kemampuan menyimak anak pada siklus I yang berada pada kategori belum mampu dengan simbol (○) dan siklus II berada pada kategori sudah mampu dengan simbol (●). Terjadinya peningkatan kemampuan menyimak anak tidak terlepas dari peningkatan aktivitas mengajar guru dalam meningkatkan kemampuan menyimak dan peningkatan persentase jumlah anak yang aktif dalam proses pembelajaran untuk setiap siklusnya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Dec 2022 08:10
Last Modified: 06 Dec 2022 08:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26024

Actions (login required)

View Item View Item