PENGARUH KARTU ANGKA BENTUK GEOMETRI UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KONSEP BILANGANANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KHALIFAH MAKASSAR 3 KOTA MAKASSAR

MASDAINI (2022) PENGARUH KARTU ANGKA BENTUK GEOMETRI UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KONSEP BILANGANANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KHALIFAH MAKASSAR 3 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.doc

Download (47kB)
[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (111kB)
[img] Text
eksperimen.doc

Download (1MB)
[img] Text
RKM eny.doc

Download (115kB)
[img] Text
foto.docx

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (2MB)

Abstract

MASDAINI, 2014. Pengaruh Kartu Angka Bentuk Geometri Untuk Mengembangkan Kemampuan Konsep Bilangan Anak Di Taman Kanak-kanak Khalifah Makassar 3 Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Arifin Manggau S.Pd, M.Pd dan Hajerah S.Pd. I, M.Pd. Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kartu angka bentuk geometri untuk mengembangkan kemampuan konsep bilangan anak di Taman Kanak-kanak Khalifah Makassar 3 Kota Makassar? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kartu angka bentuk geometri terhadap kemampuan konsep bilangan anak di Taman Kanak-kanak Khalifah Makassar 3 Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah Eksperimental Design. Desain yang digunakan adalah Prates And Posttest One Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh kartu angka bentuk geometri terhadap mengembangkan kemampuan konsep bilangan anak di Taman Kanak-kanak Khalifah Makassar 3. Sebelum diberikan perlakuan kemampuan konsep bilangan anak menggunakan kartu angka bentuk geometri dalam kategori baik pada indikator menyebut urutan bilangan 1-10 sebanyak 20%, cukup 50% dan kurang 30%. Pada indikator membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep bilangan benda) sampai 10, dalam kategori baik sebanyak 1%, cukup sebanyak 60% dan kurang sebanyak 30%. Pada indikator menunjuk urutan benda untuk bilangan 1-10, dalam kategori baik sebanyak 20%, cukup sebanyak 40% dan baik sebanyak 40%. Setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan kartu angka bentuk geometri mencapai nilai 0,0075, dan dalam kategori baik sebanyak 70%, cukup sebanyak 30% dan kurang sebanyak 0%. Hal itu menunjukkan bahwa Hi diterima apabila Z ≥ Zα/2, artinya ada pengaruh kartu angka bentuk geometri untuk mengembangkan kemampuan konsep bilangan anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:14
Last Modified: 06 Dec 2022 02:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25991

Actions (login required)

View Item View Item