AMRIANI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN MEDIA BAHAN ALAM DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM NURUL YAQIN KECAMATAN GANTARANGKEKE KABUPATEN BANTAENG.
Text
SAMPUL.docx Download (32kB) |
|
Text
AWAL.docx Download (54kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (84kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAK1.docx Download (20kB) |
|
Text
lampiran.docx Download (13kB) |
|
Text
INSTRUMENT OBSERVASI ANAK.docx Download (39kB) |
|
Text
KISI.docx Download (31kB) |
|
Text
RKH.docx Download (29kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDU1.docx Download (262kB) |
Abstract
Amriani. 2013. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Melalui Kegiatan Bermain Media Bahan Alam di Taman Kanak-kanak Islam Nurul Yaqin Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Parwoto,M.Pd dan Azizah Amal, S.S, M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah adalah Bagaimanakah peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui penerapan bermain dengan media alam pada anak Taman Kanak-Kanak Islam Nurul Yaqin Kabupaten Bantaeng? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan pengenalan konsep bilangan pada anak melalui media bahan alam di Taman Kanak-kanak Islam Nurul Yaqin Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Fokus penelitian adalah pengenalan konsep bilangan dan media bahan alam. Prosedur dan desain penelitian yang digunakan terdiri dari 4 tahapan: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi yang dilakukan secara berulang. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah anak di Taman Kanak-kanak Islam Nurul Yaqin Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng dengan jumlah anak didik 23 orang yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 9 orang perempuan serta 1 orang guru. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, mengumpulkan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pengenalan konsep bilangan pada anak dapat meningkat dengan menggunakan media bahan alam. Adapun peningkatan kemampuan pengenalan konsep bilangan pada anak meliputi anak mampu menunjukkan lambang bilangan 1 sampai 10 dan Anak mampu membilang (mengenal konsep bilangan dengan benda) sampai 10.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 02:06 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 02:06 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25990 |
Actions (login required)
View Item |