PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN MEDIA BAHAN ALAM DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM NURUL YAQIN KECAMATAN GANTARANGKEKE KABUPATEN BANTAENG

AMRIANI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN MEDIA BAHAN ALAM DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM NURUL YAQIN KECAMATAN GANTARANGKEKE KABUPATEN BANTAENG.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (32kB)
[img] Text
AWAL.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK1.docx

Download (20kB)
[img] Text
lampiran.docx

Download (13kB)
[img] Text
INSTRUMENT OBSERVASI ANAK.docx

Download (39kB)
[img] Text
KISI.docx

Download (31kB)
[img] Text
RKH.docx

Download (29kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDU1.docx

Download (262kB)

Abstract

Amriani. 2013. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Melalui Kegiatan Bermain Media Bahan Alam di Taman Kanak-kanak Islam Nurul Yaqin Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Parwoto,M.Pd dan Azizah Amal, S.S, M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah adalah Bagaimanakah peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui penerapan bermain dengan media alam pada anak Taman Kanak-Kanak Islam Nurul Yaqin Kabupaten Bantaeng? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan pengenalan konsep bilangan pada anak melalui media bahan alam di Taman Kanak-kanak Islam Nurul Yaqin Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Fokus penelitian adalah pengenalan konsep bilangan dan media bahan alam. Prosedur dan desain penelitian yang digunakan terdiri dari 4 tahapan: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi yang dilakukan secara berulang. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah anak di Taman Kanak-kanak Islam Nurul Yaqin Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng dengan jumlah anak didik 23 orang yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 9 orang perempuan serta 1 orang guru. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, mengumpulkan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pengenalan konsep bilangan pada anak dapat meningkat dengan menggunakan media bahan alam. Adapun peningkatan kemampuan pengenalan konsep bilangan pada anak meliputi anak mampu menunjukkan lambang bilangan 1 sampai 10 dan Anak mampu membilang (mengenal konsep bilangan dengan benda) sampai 10.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:06
Last Modified: 06 Dec 2022 02:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25990

Actions (login required)

View Item View Item