Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Kombinasi Tipe Two Stay- Two Stray (TS-TS) dan Number Head Together (NHT) dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 3 Minasatene Kabupaten Pangkep

Isni, Isni (2016) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Kombinasi Tipe Two Stay- Two Stray (TS-TS) dan Number Head Together (NHT) dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 3 Minasatene Kabupaten Pangkep. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Abstrak.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK . 2016. (dibimbing oleh Nurdin Arsyad dan Djadir). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penerapan pembelajaran model kooperatif kombinasi tipe Two Stay- Two Stray (TS-TS) dan Number Head Together (NHT) dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika di Kelas VIII SMP Negeri 3 Minasatene Kabupaten Pangkep. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Minasatene dan sampel yakni kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri dari data hasil belajar peserta didik, data aktivitas peserta didik dalam pembelajaran, dan data respons peserta didik terhadap pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran, tes hasil belajar matematika, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan angket respons peserta didik. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa (1) Hasil belajar matematika peserta didik pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi. (2) Tingkat ketuntasan secara klasikal pada pre-test tidak ada yang mencapai kriteria ketuntasan minimum sedangkan pada post-test dalam kategori tuntas. (3) Rata-rata gain ternormalisasi berada pada kategori tinggi. (4) Aktivitas peserta didik dalam pembelajaran minimal berada pada kategori Baik (5) Sedang respons peserta didik terhadap penerapan pembelajaran model kooperatif kombinasi tipe Two Stay- Two Stray (TS-TS) dan Number Head Together (NHT) dengan Pendekatan Saintifik minimal berada pada kategori positif. Hasil analisis inferensial menggunakan uji one sample t-test dengan bantuan SPSS 13 untuk menguji hipotesis menunjukkah bahwa data hasil belajar siswa pada post-test dan gain ternormalisasi signifikan dengan nilai α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis deskriktif dan inferensial dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) dan Number Head Together (NHT) dengan Pendekatan Saintifik efektif di kelas VIII SMP Negeri 3 Minasatene Kabupaten Pangkep ABSTRACT ISNI. 2016. The Effectiveness of Combination Cooperative Learning Model of Two Stay Two Stray (TS-TS) Type and Number Head Together (NHT) Type with Scientific Approach in Mathematics Learning in Class VIII at SMPN 3 Minasatene in Pangkep District (supervised by Nurdin Arsyad and Djadir). The research aims at describe the effectiveness of the implementation of combination cooperative learning model of Two Stay Two Stray (TS-TS) type and Number Head Together (NHT) type with scientific approach in mathematics learning in class VIII at SMPN 3 Minasatene in Pangkep District. This reseach is pre-experiment. The populations of the research were all of the students in class VIII at SMPN 3 Minasatene and the sample was class VIII B as the experiment class chosen by using simple random sampling technique. The data of the research consisted of students’ learning results data, students’ activities in learning data, and students’ responses data. The instruments of the research were learning model implementation observation sheet, mathematics learning result test, students’ activities observation sheet, and students’ responses questionnaire. The data of tht research were analyzed by using descriptive and inferential analysis. The results of descriptive analysis reveal that (1) the students’ mathematics learning result in experiment class is in high category, (2) the classical completeness level in pre-test has not achieved minimum completeness criteria; whereas, the post-test is in complete category, (3) the average of normalized gain is in high category, (4) the students’ activities in learning minimally is in high category, (5) the students’ responses on the implementation of combination cooperative learning model of TS-TS type and NHT type whit scientific approach minimally are in positive categories. The results of inferential analysis by using one sample t-test with the help of SPSS 13 to test the hypothesis indicate that the data of the students’ learning results in the post-test and normalized gain are significant with the score α = 0.05. Based on the results of descriptive and inferential analysis, it can be concluded that the implementation of combination cooperative learning model of TS-TS type and NHT type with scientific approach is effective in class VIII at SMPN 3 Minasatene in Pangkep District.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Jun 2017 03:38
Last Modified: 15 Jun 2017 03:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2599

Actions (login required)

View Item View Item