Hijriani (2022) Meningkatkan Kreativitas Anak Didik Melalui Kegiatan Bermain Pasir di Taman Kanak–Kanak Pertiwi Bontonompo Kab. Gowa.
Text
SAMPUL PENELITIAN.docx Download (36kB) |
|
Text
PENGESAHAN HASIL.docx Download (29kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (14kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx Download (17kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (19kB) |
|
Text
SKRIPSI.docx Download (72kB) |
|
Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx Download (36kB) |
|
Text
LAMPIRAN HASIL OBSERVASI.docx Download (4MB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Download (81kB) |
Abstract
Hijriani. 2013. Meningkatkan Kreativitas Anak Didik Melalui Kegiatan Bermain Pasir di Taman Kanak–Kanak Pertiwi Bontonompo Kab. Gowa. Skripsi. dibimbing oleh ayahanda Arifin Manggau S. Pd, M. Pd dan ayahanda Dr. Abdul Saman, M.Si, Kons. Pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peningkatan Kreativitas Anak Didik Melalui Kegiatan Bermain Pasir di Taman Kanak-kanak Pertiwi Bontonompo Kab. Gowa ? Tujuan untuk mengetahui tentang sejauh mana peningkatan hasil belajar anak didik melalui kegiatan bermain pasir pada taman kanak-kanak pertiwi Bontonompo kab. Gowa. Pendekatan Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 4 komponen dalam setiap siklus. Fokus penelitian ini adalah kegiatan bermain pasir dalam meningkatkan kreativitas anak didik di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Bontonompo Kab Gowa. Penelitian ini dilaksanakan atas dua siklus, siklus I dilaksanakan II kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan II kali pertemuan. Setting penelitian ini adalah Taman Kanak-Kanak Pertiwi Bontonompo Kab. Gowa. Subyek penelitian adalah anak didik kelompok B3 yang terdiri atas 10 anak didik yaitu 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan serta 1 orang guru kelompok B3. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan Pengamatan Pembelajaran melalui kegiatan bermain pasir dalam meningkatkan kreativitas anak didik diperoleh data bahwa pada siklus I kinerja guru belum maksimal, sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kreativitas anak didik belum mencapai target yang diharapkan. Sedangkan Siklus II terjadi peningkatan kreativitas pada anak didik melalui kegiatan bermain pasir berada pada kategori baik sehingga pada akhir siklus diperoleh hasil dari 10 jumlah anak didik di kelompok B3 hanya ada 1 anak yang belum mampu membangun bangunan dengan fluency, flexibility, originality, dan elaboration menggunakan media pasir sehingga memerlukan bimbingan dari guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan bermain pasir dalam meningkatkan kreativitas anak didik di taman kanak-kanak Pertiwi Bontonompo Kab. Gowa kelompok B3 telah meningkat. hal ini dapat diketahui dari anak didik karena telah mampu membangun bangunan menggunakan media pasir.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 02 Dec 2022 02:49 |
Last Modified: | 02 Dec 2022 02:49 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25924 |
Actions (login required)
View Item |