PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI KARTU HURUF BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK NURUL FADILAH KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

HAMSINAR (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI KARTU HURUF BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK NURUL FADILAH KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Bagian depan.docx

Download (102kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (144kB)
[img] Text
RKH skripsi.docx

Download (45kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (34kB)

Abstract

HAMSINAR, 2014, Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Kartu Huruf Bergambar di Taman Kanak-Kanak Nurul Fadilah Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd sebagai Pembimbing I dan Muh. Yusri Bachtiar, S.Pd, M.Pd. sebagai Pembimbing II; Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Kemampuan anak mengenal huruf masih kurang, karena dalam menerapkan pembelajaran kurang bervariasi serta keterbatasan media pembelajaran. Rumusan masalah yang dikaji yaitu bagaimanakah penggunaan kartu huruf bergambar dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak di Taman Kanak-Kanak Nurul Fadilah Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui kartu huruf bergambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah kemampuan mengenal huruf dan kartu huruf bergambar, indikatornya mencakup : menyebutkan simbol-simbol huruf vokal dan konsonan yang dikenal dilingkungan sekitar; menyebutkan nama-nama benda yang suara huruf awalnya sama. Subjek penelitian adalah kelompok B1 di Taman Kanak-Kanak Nurul Fadilah Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa sebanyak 17 anak didik dan 1 orang guru. Instrumen yang digunakan adalah format observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pada setiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak mengenal huruf melalui kartu huruf bergambar setelah melihat observasi anak dan kegiatan guru dalam melaksanakan kartu huruf bergambar pada siklus I sampai siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui kartu huruf bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf di Taman Kanak-Kanak Nurul Fadilah Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Dec 2022 02:31
Last Modified: 02 Dec 2022 02:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25922

Actions (login required)

View Item View Item