PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP PENGETAHUAN SAINS ANAK KELAS B DI TAMAN KANAK-KANAK MUSTIKA PALLANGGA GOWA

RATNASARI (2022) PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP PENGETAHUAN SAINS ANAK KELAS B DI TAMAN KANAK-KANAK MUSTIKA PALLANGGA GOWA.

[img] Text
A.docx

Download (23kB)
[img] Text
B.docx

Download (62kB)
[img] Text
C.docx

Download (96kB)
[img] Text
D.docx

Download (23kB)
[img] Text
E.docx

Download (41kB)

Abstract

Ratnasari, 2014. Skripsi. Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Pengetahuan Sains Anak Kelas B Di Taman Kanak-kanak Mustika Pallangga Gowa. Skripsi dibimbing oleh Dr.Parwoto, M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini adalah masih kurangnya pengetahuan sains anak kelas B di Taman Kanak-kanak Mustika Pallangga Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan keterampilan proses terhadap pengetahuan sains anak kelas B di Taman Kanak-kanak Mustika Pallangga Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Lokasi penelitian bertempat di Taman Kanak-kanak Mustika yang terletak di dalam BTN Restika Indah blok A1/ Jl. Baso Dg. Ngawing Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Subjek penelitian 21 anak didik yang berumur 5-6 tahun yang berada di kelas B. Tekhnik pengumpulan data yang di gunakan adalah test. Data dianalisis dengan menggunakan analisis uji beda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Ranks Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai E(T) sebesar 115,5 dan nilai σ T sebesar 10,235, maka dapat di peroleh nilai Z sebesar 12,164. Hal ini menunjukkan bahwa dari tabel Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Ranks Test) untuk dua sisi sebesar 12,164. Oleh karena nilai Z lebih kecil dari 61 atau 12,164 < 61. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil skor atau pengetahuan sains anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan atau treatment. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap pengetahuan sains anak kelas B di Taman Kanak-kanak Mustika Pallangga Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Dec 2022 06:58
Last Modified: 01 Dec 2022 06:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25888

Actions (login required)

View Item View Item