PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PASIR DI TAMAN KANAK-KANAK ANDIYA MAKASSAR

KARMILA (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PASIR DI TAMAN KANAK-KANAK ANDIYA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL 1.docx

Download (25kB)
[img] Text
02. ISI Skripsi.doc

Download (449kB)
[img] Text
06. lampiran anak.docx

Download (31kB)
[img] Text
03. L. 1 & L. 2 Guru, Anak.docx

Download (40kB)
[img] Text
04. L. 3 Aktivitas Anak.docx

Download (36kB)
[img] Text
05. L. 4 Dokumentasi.docx

Download (4MB)
[img] Text
07. RKH.docx

Download (42kB)
[img] Text
08. Riwayat Hidup.docx

Download (1MB)

Abstract

Karmila 2013. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Bermain Pasir di Taman Kanak-Kanak Andiya Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dr. Pattaufi,S.Pd, M.Pd dan Azizah Amal S.S, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan motorik halus anak, adapun rumusan masalah adalah “bagaimana meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan bermain pasir di Taman Kanak-kanak Andiya Makassar”?.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motorik halus anak melalui kegiatan bermain pasir di Taman kanak-kanak Andiya Makassar. Pendekatan penelitian yang diguanakan adalah pendekatan kualitatif dan Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri 4 tahap dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak dan kegiatan bermain pasir. Penelitian ini dilaksanakan atas 2 siklus, siklus I dilaksanakan 2 kali pertemuan, siklus II dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru kelompok B2 serta anak kelompok B2 yang terdiri atas 12 anak didik yaitu 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyelidikan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai setelah melakukan kegiatan bermain pasir yakni: pada siklus I, yang terdiri dari pertemuan I dan II kegiatan bermain pasir dalam proses pembelajaran belum sepenuhnya terlaksana dengan baik karena masih banyak anak yang belum mampu melakukan kegiatan dengan baik. Pada siklus II, yang terdiri dari pertemuan I dan II, dapat dikategorikan terlaksana dengan baik karena hampir semua dari jumlah anak mampu melakukan kegiatan bermain pasir dengan baik. Sehingga dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Andiya Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Dec 2022 06:46
Last Modified: 01 Dec 2022 06:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25886

Actions (login required)

View Item View Item