MUSFAIDAH DWI ZULFAUSI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN DENGAN BERMAIN KARTU ANGKA BERGAMBARDI TAMAN KANAK-KANAK BHAYANGKARI PANAIKANG KOTA MAKASSAR.
Text
2.sampul.docx Download (45kB) |
|
Text
bab I,II,III.doc Download (233kB) |
|
Text
instrumen aktivitas anak.docx Download (36kB) |
|
Text
DOKUMENTASI.docx Download (6MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (32kB) |
Abstract
Musfaidah Dwi Zulfausi, 2013. Skripsi. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan dengan Bermain Kartu Angka Bergambar di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari Panaikang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Nurhikmah, S.Pd, M.Si dan Rusmayadi, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan dengan bermain kartu angka bergambar di taman kanak-kanak bhayangkari panaikang kota makassar”?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan dengan bermain kartu angka bergambar di taman kanak-kanak bhayangkari panaikang kota makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri atas empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah kemampuan mengenal konsep bilangan anak dan kegiatan bermain kartu angka bergambar. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan, siklus II dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru serta anak kelompok B4 yang terdiri atas sebelas anak didik yaitu enam anak laki-laki dan lima anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyelidikan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai setelah penerapan bermain kartu angka bergambar ini yakni, peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B_4 Taman Kanak-Kanak Bhayangkari Panaikang Kota Makassar meningkat dengan bermain kartu angka bergambar. Hal ini dapat dilihat pada siklus I pada awal-awal pertemuan ketertarikan anak masih kurang dan guru pun masih kurang pula dalam melaksanakan langkah-langkah pembelajaran bermain kartu angka bergambar ini. Namun pada siklus II anak sudah baik dalam melaksanakan kegiatan bermain ini dan guru pun sudah baik pula dalam melaksanakan langkah-langkah kegiatan bermain kartu angka bergambar ini. Begitupun dengan pencapaian indikator konsep bilangan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II yang dimana indikatornya yaitu kemampuan anak menyebutkan urutan angka satu sampai sepuluh, menunjuk lambang bilangan satu sampai sepuluh, dan menghubungkan/memasangkan konsep bilangan dengan lambang bilangan. Karena itu, bermain kartu angka bergambar direkomendasikan untuk dijadikan alternatif tindakan dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan di Taman Kanak-Kanak.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 06:16 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 06:16 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25882 |
Actions (login required)
View Item |