PELAKSANAAN METODE BERCERITA DI TAMAN KANAK-KANAK TERATAI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR KOTA MAKASSAR

MISBA SYUKUR (2022) PELAKSANAAN METODE BERCERITA DI TAMAN KANAK-KANAK TERATAI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (31kB)
[img] Text
keaslian skripsi-daftar isi.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB I - BAB V.docx

Download (79kB)
[img] Text
RKH Prt. 1.docx

Download (23kB)
[img] Text
RKH Prt. 2.docx

Download (23kB)
[img] Text
RKH Prt. 3.docx

Download (22kB)
[img] Text
RKH Prt. 4.docx

Download (22kB)
[img] Text
dokumentasi.docx

Download (567kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (36kB)

Abstract

MISBA SYUKUR, 2014. Pelaksanaan Metode Bercerita di Taman Kanak-kanak Teratai Universitas Negeri Makassar Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang pelaksanaan metode bercerita di Taman Kanak-kanak Teratai Universitas Negeri Makassar Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran pelaksanaan metode bercerita di Taman Kanak-kanak Teratai Universitas Negeri Makassar Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan metode bercerita di Taman Kanak-kanak Teratai Universitas Negeri Makassar Kota Makassar. Subjek penelitian yaitu 1 orang guru. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan cara mengamati langsung pelaksanaan kegiatan bercerita yang dilakukan oleh guru Taman Kanak-kanak Teratai Universitas Negeri Makassar Kota Makassar, wawancara: sebagai instrument yang digunakan peneliti untuk memperoleh data dan informasi dari subjek peneliti dalam hal ini adalah guru di Taman Kanak-kanak Teratai Universitas Negeri Makassar, dan dokumentasi: teknik ini digunakan untuk mendapatkan data berupa jumlah guru serta kelengkapan data yang terdapat pada lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran pelaksanaan metode bercerita yaitu guru menyebutkan judul cerita sambil memperlihatkan gambar, mengatur posisi anak yang memberikan kenyaman dalam mendengarkan cerita dengan posisi duduk melantai, selanjutnya menarik perhatian anak dengan cara tepuk semangat, guru mulai bercerita yang diselipkan dengan pertanyaan tentang isi cerita, yang mampu menjawab pertanyaan diberikan pujian tetapi bagi yang belum mampu diberikan motivasi. Proses belajar mengajar berlangsung dengan tertib dan anak didik sangat antusias mendengarkan cerita guru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Dec 2022 03:25
Last Modified: 01 Dec 2022 03:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25872

Actions (login required)

View Item View Item