PENINGKATAN NILAI MORAL DAN AGAMAMELALUI METODE BERCERITA DI TAMAN KANAK-KANAK WIHDATUL UMMAH MAKASSAR

HAFIDAH (2022) PENINGKATAN NILAI MORAL DAN AGAMAMELALUI METODE BERCERITA DI TAMAN KANAK-KANAK WIHDATUL UMMAH MAKASSAR.

[img] Text
Sampul1.docx

Download (54kB)
[img] Text
Hasil Penelitian.doc

Download (195kB)
[img] Text
kisi-kisi instrumen penelitian.docx

Download (25kB)
[img] Text
Lembar Observasi anak w.docx

Download (45kB)
[img] Text
Lembar Observasi anak.docx

Download (43kB)
[img] Text
Lembar observasi guru - Copy.docx

Download (25kB)
[img] Text
Rencana Kerja Harian New.docx

Download (32kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.doc

Download (32kB)

Abstract

HAFIDAH, 2013 Peningkatan Pengembangan Nilai Moral dan Agama Melalui Metode Bercerita Di Taman Kanak Kanak Wihdatul Ummah Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Sumartini, M.Pd. dan Drs. Nahrawi, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan nilai moral dan agama melalui metode bercerita di Taman Kanak Kanak Wihdatul Ummah Makassar? Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan nilai moral dan agama melalui metode bercerita di Taman Kanak-Kanak Wihdatul Ummah Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subyek pada penelitian ini adalah anak didik kelompok B Taman Kanak-kanak Wihdatul Ummah Makassar yang berjumlah 20 anak dan 2 orang guru. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil pada penelitian ini adalah peningkatan nilai moral dan agama melalui metode bercerita di Taman Kanak-Kanak Wihdatul Ummah Makassar yang dibuktikan pada kegiatan siklus I masih ada anak yang belum mengucapkan salam kepada orang lain, masih ada anak belum berdo’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, akan tetapi pada siklus II sudah mengalami peningkatan yakni anak mengucapkan salam kepada orang lain, berdo’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dan mampu menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan. Hal ini disebabkan karena guru memberikan pemahaman dan motivasi kepada anak dengan menggunakan metode bercerita yang merupakan metode yang efektif dalam meningkatkan nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Dec 2022 02:34
Last Modified: 01 Dec 2022 02:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25867

Actions (login required)

View Item View Item