PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI METODE BERMAIN KONSTRUKTIF DI TAMAN KANAK-KANAK IKHLAS BERAMAL KABUPATEN MAJENE

JASRIANI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI METODE BERMAIN KONSTRUKTIF DI TAMAN KANAK-KANAK IKHLAS BERAMAL KABUPATEN MAJENE.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB I-III.docx

Download (57kB)
[img] Text
RKH I.docx

Download (29kB)
[img] Text
RKH II.docx

Download (29kB)
[img] Text
Siklus I-baru.docx

Download (34kB)
[img] Text
Siklus II.docx

Download (33kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (314kB)

Abstract

Jasriani, 2013. Peningkatan kemampuan kognitif anak melalui metode bermain konstruktif di Taman Kanak-Kanak Ikhlas Beramal Kabupaten Majene. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd., M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan kognitif anak di Taman Kanak-Kanak Ikhlas Beramal Kabupaten Majene. Rumusan masalah adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan kognitif anak melalui metode bermain konstruktif di Taman Kanak-Kanak Ikhlas Beramal Kabupaten Majene? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak melalui metode bermain konstruktif di Taman Kanak-Kanak Ikhlas Beramal Kabupaten Majene. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah 1) bermain konstruktif dan 2) kemampuan kognitif anak. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan sebanyak 18 anak TK Ikhlas Beramal Kabupaten Majene. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan kognitif anak di TK Beramal Kabupaten Majene. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran, siklus I aktivitas mengajar guru kategori cukup dan aktivitas belajar anak kategori cukup dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak meningkatkan menjadi kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan kognitif anak melalui metode bermain konstruktif di Taman Kanak-Kanak Ikhlas Beramal Kabupaten Majene dapat meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Dec 2022 01:27
Last Modified: 01 Dec 2022 01:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25859

Actions (login required)

View Item View Item