JASRIANI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI METODE BERMAIN KONSTRUKTIF DI TAMAN KANAK-KANAK IKHLAS BERAMAL KABUPATEN MAJENE.
Text
SAMPUL.docx Download (22kB) |
|
Text
BAB I-III.docx Download (57kB) |
|
Text
RKH I.docx Download (29kB) |
|
Text
RKH II.docx Download (29kB) |
|
Text
Siklus I-baru.docx Download (34kB) |
|
Text
Siklus II.docx Download (33kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (314kB) |
Abstract
Jasriani, 2013. Peningkatan kemampuan kognitif anak melalui metode bermain konstruktif di Taman Kanak-Kanak Ikhlas Beramal Kabupaten Majene. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd., M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan kognitif anak di Taman Kanak-Kanak Ikhlas Beramal Kabupaten Majene. Rumusan masalah adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan kognitif anak melalui metode bermain konstruktif di Taman Kanak-Kanak Ikhlas Beramal Kabupaten Majene? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak melalui metode bermain konstruktif di Taman Kanak-Kanak Ikhlas Beramal Kabupaten Majene. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah 1) bermain konstruktif dan 2) kemampuan kognitif anak. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan sebanyak 18 anak TK Ikhlas Beramal Kabupaten Majene. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan kognitif anak di TK Beramal Kabupaten Majene. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran, siklus I aktivitas mengajar guru kategori cukup dan aktivitas belajar anak kategori cukup dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak meningkatkan menjadi kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan kognitif anak melalui metode bermain konstruktif di Taman Kanak-Kanak Ikhlas Beramal Kabupaten Majene dapat meningkat.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 01:27 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 01:27 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25859 |
Actions (login required)
View Item |