PENERAPAN KEGIATAN BERMAIN BEBAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK KARTINI KARANG KARANGAN KABUPATEN LUWU

ROSANI ABDULLAH (2022) PENERAPAN KEGIATAN BERMAIN BEBAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK KARTINI KARANG KARANGAN KABUPATEN LUWU.

[img] Text
sampul-ku.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB I nEW.docx

Download (50kB)
[img] Text
daftar pustaka benar.docx

Download (15kB)
[img] Text
RKH I.docx

Download (27kB)
[img] Text
RKH II.docx

Download (28kB)
[img] Text
Siklus I.docx

Download (41kB)
[img] Text
Siklus II.docx

Download (40kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN-1.docx

Download (17MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (552kB)

Abstract

Rosani Abdullah. 2013. Penerapan Kegiatan Bermain Bebas Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Kartini Karang-Karangan Kabupaten Luwu. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Kartini Marzuki, M.Si dan Herman, S.Pd, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan bermain bebas pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Kartini Karang-Karangan Kabupaten Luwu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan bermain bebas pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Kartini Karang-Karangan Kabupaten Luwu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah Kegiatan bermain bebas dan Pengembangan motorik kasar anak. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 20 anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Kartini Karang-Karangan Kabupaten Luwu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I hasil kegiatan mengajar penerapan kegiatan bermain bebas berada pada kategori cukup dan motorik kasar anak berada pada kategori cukup dan pada siklus II kegiatan mengajar penerapan kegiatan bermain bebas dan motorik kasar meningkat berada pada kategori baik. Sehingga dapat di simpulkan kegiatan bermain bebas dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Kartini Karang-Karangan Kabupaten Luwu.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Dec 2022 01:15
Last Modified: 01 Dec 2022 01:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25857

Actions (login required)

View Item View Item