PENERAPAN BERMAIN TONGKAT BILANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK DI TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN MAJENE

HARTUTI (2022) PENERAPAN BERMAIN TONGKAT BILANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK DI TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN MAJENE.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.docx

Download (104kB)
[img] Text
BAB I,II,III,IV.docx

Download (84kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (44kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (85kB)

Abstract

Hartuti. 2013. Penerapan Bermain Tongkat Bilangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kabupaten Majene. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. M. Anas Malik, M. Si dan Rusmayadi, S.Pd, M.Pd Program Studi pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan bermain tongkat bilangan dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kabupaten Majene? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan bermain tongkat bilangan dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Kabupaten Majene. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas yang menjadikan 1 (satu) guru Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kabupaten Majene dan anak yang berjumlah 15 orang yang terdiri atas 8 laki-laki dan 7 perempuan sebagai unit analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui penerapan bermain tongkat bilangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif . prosedur dan pelaksana kegiatan dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui penerapan bermain tongkat bilangan pada anak didik di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Kabupaten Majene dengan melihat rata-rata hasil belajar pada siklus I berada pada kategori kurang mengalami peningkatan, pada siklus II dengan berada pada kategori baik. Aktivitas belajar anak juga mengalami peningkatan antaralain yang ditandai dengan kemampuan anak membilang/menyebut urutan bilangan 1-10, membilang banyak benda dari 1-10, dan menghubungkan lambang bilangan dengan benda-benda.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Nov 2022 03:32
Last Modified: 30 Nov 2022 03:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25843

Actions (login required)

View Item View Item