PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN GERAK DAN LAGU DI TAMAN KANAK-KANAK AL-HIDAYAH PAMBUSUANG KABUPATEN POLMAN

Afdaliah, (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN GERAK DAN LAGU DI TAMAN KANAK-KANAK AL-HIDAYAH PAMBUSUANG KABUPATEN POLMAN.

[img] Text
HALAMAN DEPAN SKRIPSI.docx

Download (87kB)
[img] Text
BAB I,II,III,IV,V, PUSTAKA.docx

Download (99kB)
[img] Text
LAMPIRAN -LAMPIRAN.docx

Download (60kB)
[img] Text
FOTO DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (1MB)

Abstract

Afdaliah, 2013. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Gerak Dan Lagu Di Taman Kanak-Kanak Al-Hidayah Pambusuang Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi dibimbing Dra. Kartini Marzuki, M.Si.dan Herman S,pd M,Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas ILmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah bagaimanakah peningkatan motorik kasar anak melalui kegiatan gerak dan Lagu di Taman Kanak-Kanak Al-Hidayah Pambusuang Kabupaten Polewali Mandar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan gerak dan lagu di Taman kanak-Kanak Al-Hidayah Pambusuang Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Setting penelitian dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Al-Hidayah Pambusuang Kabupaten Polewali Mandar dengan Subjek penelitiannya yaitu anak kelompok B dengan jumlah 20 orang anak terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 11 orang anak perempuan. Rancangan penelitian berupa peningkatan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan gerak dan lagu di Taman Kanak-Kanak yang dilaksanakan selama 2 (dua) siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dimana masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi dan dokumentasi yang dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan gerak dan lagu pada anak didik kelompok B Taman Kanak-Kanak Al-Hidayah Pambusuang Kabupaten Polewali Mandar, dengan melihat rata-rata hasil belajar pada siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus II menunjukkan rata-rata hasil balajar pada kategori baik. Aktivitas belajar anak dengan melihat rata-rata hasil observasi dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan terhadap kemampuan motorik kasar anak dalam aspek Kelincahan, Koordinasi, Ketepatan dan Keseimbangan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Nov 2022 01:50
Last Modified: 30 Nov 2022 01:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25834

Actions (login required)

View Item View Item