PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI MEDIA BAHAN ALAM PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK ANNISA DHARMA WANITA KABUPATEN MAJENE

FITRIA NENGSY (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI MEDIA BAHAN ALAM PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK ANNISA DHARMA WANITA KABUPATEN MAJENE.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.docx

Download (106kB)
[img] Text
BAB I, II, III, IV DAN V.docx

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
KISI-KISI INTRUMEN PENELITIAN.docx

Download (25kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (245kB)
[img] Text
LAMPIRAN OBSERVASI GURU DAN ANAK.docx

Download (1MB)
[img] Text
FOTO DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (38kB)

Abstract

FITRIA NENGSY. 2013. Peningkatan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Media Bahan Alam Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Annisa Dharma Wanita Kabupaten Majene. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Muh. Anas Malik, M.Pd dan Azizah Amal, S.S, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah bagaimanakah peningkatan kemampuan mengenal bilangan melalui media bahan alam pada anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Annisa Dharma Wanita Kabupaten Majene. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Setting penelitian dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Annisa Dharma Wanita Kabupaten Majene dengan subyek penelitiannya yaitu 1 orang guru dan 20 orang anak kelompok A2. Rancangan tindakan dilaksanakan selama 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dimana masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengambilan data melalui observasi, tes perlakuan dan dokumentasi. Analisis datanya diolah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengenal bilangan melalui media bahan alam pada anak didik kelompok A2 Taman Kanak-Kanak Annisa Dharma Wanita Kabupaten Majene, dengan melihat rata-rata hasil belajar pada siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus II menunjukkan rata-rata hasil belajar pada kategori baik.Aktivitas belajar anak juga mengalami peningkatan antarlain yang ditandai dengan kemampuan anak Menghubungkan bilangan dengan benda 1 – 10,Menunjuk urutan benda untuk bilangan 1 – 10,Membuat urutan bilangan 1 – 10 dengan benda.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Nov 2022 01:44
Last Modified: 30 Nov 2022 01:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25833

Actions (login required)

View Item View Item