PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN MEDIA BAHAN ALAM PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK COKROAMINOTO KABUPATEN MAJENE

RAHMINI. H (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN MEDIA BAHAN ALAM PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK COKROAMINOTO KABUPATEN MAJENE.

[img] Text
HALAMAN DEPAN RAHIMINI.docx

Download (101kB)
[img] Text
PENGESAHAN.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB I,II,III.docx

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (437kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (55kB)

Abstract

Rahimini.H 2013. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Media Bahan Alam Pada Anak di Taman Kanak-Kanak Cokroaminoto Kabupaten Majene, Dibimbing oleh Drs. M.Ali Latif Amri, M.Pd dan Arifin Manggau S.Pd,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui kegiatan bermain dengan media bahan alam pada anak di Taman Kanak-Kanak Cokroaminoto Tangnga-Tangnga Kabupaten Majene ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak di Taman Kanak-Kanak Cokroaminoto Kabupaten Majene. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang menggambarkan peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan subyek dalam penelitian ini yaitu 1 (satu) guru Taman Kanak Kanak dan anak yang berjumlah 13 orang anak didik di Taman Kanak-Kanak Cokroaminoto Tangnga-Tangnga sebagai unit analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan melalui kegiatan bermain dengan media bahan alam. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif. Hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa melalui kegiatan bermain dengan media bahan alam dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak di Taman Kanak-Kanak Cokroaminoto Tangnga –Tangnga Kabupaten Majene. Hal ini terlihat dari peningkatan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan sesuai dengan indikator yang diterapkan yaitu anak mampu menyebut lambang bilangan 1 – 10, membilang dan menunjuk benda 1 – 10, serta menghubungkan lambang bilangan 1 – 10 dengan benda, mengalami perubahan yang jauh lebih baik. Begitu pun proses mengajar guru karena dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan guru sudah optimal. Jadi Kesimpulan dari hasil penelian ini adalah kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak di Taman Kanak-Kanak Cokroaminoto dapat meningkat melalui kegiatan bermain dengan media bahan alam.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Nov 2022 02:11
Last Modified: 29 Nov 2022 02:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25818

Actions (login required)

View Item View Item