PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PENGGUNAAN KARTU ANGKA DI TAMAN KANAK – KANAK HARAPAN BANGSA KECAMATAN SABBANG KABUPATEN LUWU UTARA

Nurdiana, (2022) PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PENGGUNAAN KARTU ANGKA DI TAMAN KANAK – KANAK HARAPAN BANGSA KECAMATAN SABBANG KABUPATEN LUWU UTARA.

[img] Text
KULIT YANG MAU DI COPY.docx

Download (451kB)
[img] Video
HALAMAN DEPAN.doc

Download (122kB)
[img] Text
SKRIPSI BARU YANG MAU DI COPY.docx

Download (126kB)
[img] Text
RKH YANG MAU DI COPY.docx

Download (30kB)

Abstract

Nurdiana, 2013. Peningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Kartu Angka Di Taman Kanak– Kanak Harapan Bangsa Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara Skripsi. Di bimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd Arifin Manggau,S.Pd.M.Pd.Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Peningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Kartu Angka Di Taman Kanak– Kanak Harapan Bangsa Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Kartu Angka Di Taman Kanak– Kanak Harapan Bangsa Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara Pendekatan penelitian ini merupakan pendekatan secara kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Fokus dalam penelitian ini Peningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Kartu Angka Di Taman Kanak– Kanak Harapan Bangsa Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara dengan subjek penelitian 16 orang anak didik yang usianya 5-6 tahun dan seorang guru di kelompok B. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan melakukan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil yang diperoleh yaitu pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan mengenal konep bilangan pada 4 orang anak tapi masih kurang , karena masih ada 12 anak yang belum mampu membilang dan menyebutkan urutan bilangan dari 1 sampai 10 ini disebabkan karena guru masih kurang memahami secara mendalam cara memperkenalkan konsep bilangan melalui kartu angka serta aktivitas penerapan bermain kartu angka belum terlaksana dengan baik. Pada siklus II terjadi peningkatan mengenal konsep bilangan anak karena indikator capaian mengenal konsep bilangan sudah tercapai ditandai dengan anak sudah mampu membilang (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda) sampai 10 serta sudah mampu menghubungkan/ memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 10 (anak tidak disuruh menulis) sebanyak 11 orang ini dapat dilihat dari persiapan dan pelaksanaan guru sudah sangat baik guru mejelasakn secara detail cara bermain dengan kartu angka dan guru memberikan dorongan dan motivasi kepada anak dengan baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Nov 2022 06:48
Last Modified: 25 Nov 2022 06:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25749

Actions (login required)

View Item View Item