RAMLAH (2022) MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIC-SMART MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF BUILDING BLOCKDI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA XX-53 MAKASSAR.
Text
sampul.docx Download (15kB) |
|
Text
lembar pengesahan.docx Download (42kB) |
|
Text
daftar isi.docx Download (20kB) |
|
Text
bab I-V.docx Download (126kB) |
|
Text
lampiran.docx Download (63kB) |
|
Text
RHK.docx Download (26kB) |
|
Text
RUBRIK1.docx Download (25kB) |
|
Text
daftar riwayat hidup.docx Download (101kB) |
Abstract
RAMLAH. 2012. Meningkatkan Kecerdasan Logic-Smart Melalui Alat Permainan Building Block di Taman Kanak-Kanak Kartika XX-53 Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Istiyani Idrus.M.Si dan Azizah Amal, S.S. M.Pd pada Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian yaitu mencerdaskan logic-smart anak di Taman Kanak-Kanak Kartika xx-53,Makassar . penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kecerdasan Logic –smart anak melalui permainan Building Block di Taman Kanak-Kanak Kartika xx-53 Makassar. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research). Tindakan yang diberikan berupa Permainan Building Block dalam meningkatkan Kecerdasan Logic-smart pada anak di Taman Kanak-Kanak. Dengan Subyek penelitiannya yaitu 23 orang anak kelompok B2 dan 1 orang guru TK. Tindakan yaitu siklus I dan siklus II, dimana masing-masing siklus berlangsung selama dua tahap. Teknik pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terjadi peningkatan kemampuan kecerdasan Logic-Smart pada anak dengan melihat rata-rata hasil belajar pada siklus I berada pada kategori masih perlu bimbingan, mengalami peningkatan pada siklus II dengan berada pada kategori sangat baik (2) Belajar anak juga mengalami peningkatan antaralain yang ditandai dengan kemampuan dalam mengenal bentuk geometri, mampu mengenal warna, mampu mengelompokkan benda sesuai dengan bentuk dan warnanya dengan menggunakan Building Block serta kemampuan anak dalam menjawab setiap penjumlahan maupun perhitungan lainnya yang diberikan oleh guru , (3) Penerapan permainan Building Block dapat meningkatkan kecerdasan Logic-Smart anak secara lebih optimal dan maksimal.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 25 Nov 2022 02:59 |
Last Modified: | 25 Nov 2022 02:59 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25739 |
Actions (login required)
View Item |