Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak di Taman Kanak-Kanak Minasa upa Makassar.

Rida, (2022) Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak di Taman Kanak-Kanak Minasa upa Makassar.

[img] Text
1.SAMPUL.docx

Download (38kB)
[img] Text
2.MOTTO,ABSTRK,PRKTA,D.ISI,GMBR N LMPRAN.docx

Download (27kB)
[img] Text
3. SKRIPSI RIDHA.docx

Download (529kB)
[img] Text
4.RENCANA KEGIATAN HARIAN RIDHA.docx

Download (32kB)
[img] Text
5.DAFTAR RIWAYAT HIDUP RiDHA.docx

Download (69kB)

Abstract

Rida, 2012. Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak di Taman Kanak-Kanak Minasa upa Makassar. Skripsi, Di bimbing oleh Dra. Kartini Marzuki M. Si dan Rusmayadi, S. Pd. M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-kanak Minasa Upa Makassar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan anak melalui metode bernyanyi di Taman Kanak-kanak Minasa Upa Makassar. Subyek penelitian yaitu 10 anak didik pada kelompok BII. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 (empat) tahap yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-kanak Minasa Upa Makassar dapat ditingkatkan melalui metode bernyanyi. Pada siklus I masih berada pada kategori kurang terutama dalam hal, 1) Kemampuan anak untuk membaca kata dan menyebutkan simbol-simbol huruf 2) Kemampuan anak didik untuk membaca kata/kalimat sederhana yang disertai gambar. Pada siklus II menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak melalui metode bernyanyi di Taman Kanak-kanak Minasa Upa Makassar pada kelas BII sudah mengalami peningkatan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:39
Last Modified: 24 Nov 2022 02:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25698

Actions (login required)

View Item View Item