Halim, Amirah and Adnan, Adnan and Nur, Ernawati (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Profesi Kependidikan, 3 (2). pp. 177-183. ISSN 2252-7559
Text (Dokumen)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning.pdf Download (281kB) |
|
Text (Hasil Peer Review)
Hasil Peer Review Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII Asisten Keperawatan Sekolah Menengah Kejuruan Harapan Bangsa Sidenreng Rappang pada mata pelajaran Kebutuhan Dasar Manusia melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus atau tiga pertemuan. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII Asisten Keperawatan yang terdiri dari 10 orang peserta didik. Teknik utama dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan observasi, sementara teknik pendukung dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII Asisten Keperawatan mulai dari siklus satu, siklus dua, dan siklus tiga, yaitu 76 pada siklus I meningkat menjadi 81 pada siklus II dan kembali meningkat menjadi 85 pada siklus III. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Kebutuhan Dasar Manusia Kelas XII Asisten Keperawatan Sekolah Menengah Kejuruan Harapan Bangsa Sidrap
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1) FMIPA |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | adnan |
Date Deposited: | 20 Nov 2022 08:19 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 09:18 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25549 |
Actions (login required)
View Item |