YUNI HASRINI (2022) PENGGUNAAN KARTU KATA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK DI TAMAN KANAK KANAK BHAYANGKARI PANAIKANG MAKASSAR.
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx Download (61kB) |
|
Text
BAB I YUNI baru.docx Download (89kB) |
|
Text
lampiran observasi.docx Download (1MB) |
|
Text
10. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Download (11kB) |
Abstract
Yuni Hasrini, 2012. Penggunaan kartu kata bergambar dalam meningkatkan membaca permulaan anak Di TK Bhayangkari Panaikang Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Sumartini, M.Pd dan Drs. M. Ali Latif, M.Pd. Pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan membaca permulaan pada anak melalui penggunaan kartu kata bergambar di TK Bhayangkari Makassar Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak melalui penggunaan kartu kata bergambar di TK.Bhayangkari Panaikang Makassar. Pendekatan Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 4 komponen dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penggunaan kartu kata bergambar dan meningkatkan kemampuan membaca permulaan di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari Panaikang Makasaar. Penelitian ini dilaksanakan atas dua siklus, siklus I dilaksanakan II kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan II pertemuan. Setting penelitian ini adalah TK.Bhayangkari Panaikang yang terletak di kota Makassar. Subyek penelitian adalah anak didik kelompok B2 yang terdiri atas 14 anak didik yaitu 10 anak laki-laki dan 4 anak perempuan serta 1 orang guru kelompok B2. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan Pengamatan Pembelajaran melalui metode penggunaan kartu kata bergambar dalam meningkatkan membaca permulaan anak diperoleh data bahwa pada siklus I kinerja guru belum maksimal, sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak belum mencapai target yang diharapkan. Sedangkan Siklus II terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak didik melalui penggunaan kartu kata bergambar berada pada kategori baik sehingga pada akhir siklus diperoleh hasil dari 14 jumlah anak didik di kelompok B2 hanya ada 2 anak didik yang masih kurang/belum tercapai sehingga memerlukan bimbingan dari guru, Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penggunaan kartu kata bergambar dalam meningkatkan membaca permulaan di Tk.Bhayangkari Panaikang Makassar kelompok B2 hal ini dapat diketahui dari anak mampu menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal, anak mampu mengenal huruf awal dan nama benda-benda yang ada disekitar, dan anak mampu menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/ huruf awal yang sama.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 01:28 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 01:28 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25504 |
Actions (login required)
View Item |