PENERAPAN TEKNIK KONSELING PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR UNTUK MENGURANGI KECANDUAN MEDIA SOSIAL DI SMA NEGERI 2 PALOPO

WIWIN HARIATI (2022) PENERAPAN TEKNIK KONSELING PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR UNTUK MENGURANGI KECANDUAN MEDIA SOSIAL DI SMA NEGERI 2 PALOPO.

[img] Text
Abstrak, daftar isi dll.doc

Download (263kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (59kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (128kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (175kB)
[img] Text
Dapus Na.doc

Download (35kB)
[img] Text
13. ANALISIS STATISTIK.doc

Download (201kB)
[img] Spreadsheet
14. Pedoman Observasi Pelaksanaan.xlsx

Download (15kB)
[img] Text
15. Analisis Individu.doc

Download (82kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.doc

Download (83MB)

Abstract

WIWIN HARIATI. 2015. Skripsi. Penerapan Teknik Konseling Pendekatan Cognitive Behavior Untuk Mengurangi Kecanduan Media Sosial Di SMA Negeri 2 Palopo. Dibimbing oleh Arifin Ahmad dan Abdul Saman. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan Konseling Pendekatan Cognitive Behavior untuk mengurangi kecanduan media sosial siswa di SMA Negeri 2 Palopo. Masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimana gambaran pelaksanaan Konseling Pendekatan Cognitive Behavior untuk menurunkan kecanduan media sosial di SMA Negeri 2 Palopo. 2. Bagaimana gambaran tingkat kecanduan media sosial antara kelompok yang diberikan Konseling Pendekatan Cognitive Behavior dan kelompok yang tidak diberikan perlakuan di SMA Negeri 2 Palopo?. 3. Apakah Konseling Pendekatan Cognitive Behavior dapat mengurangi kecanduan media sosial di SMA Negeri 2 Palopo? Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran pelaksanaan Konseling Pendekatan Cognitive Behavior untuk menurunkan kecanduan media sosial di SMA Negeri 2 Palopo. (2) Bagaimana gambaran tingkat kecanduan media sosial antara kelompok yang diberikan Konseling Pendekatan Cognitive Behavior dan kelompok yang tidak diberikan perlakuan di SMA Negeri 2 Palopo. (3) Apakah Konseling Pendekatan Cognitive Behavior dapat mengurangi kecanduan media sosial di SMA Negeri 2 Palopo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan penelitian terhadap 20 subjek penelitian siswa di SMA Negeri 2 Palopo pada tahun ajaran 2015/2016 yang terbagi menjadi 10 siswa pada kelompok eksperimen dan 10 siswa pada kelompok kontrol. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis persentase dan analisis statistik inferensial, yaitu t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Konseling Pendekatan Cognitive Behavior terdiri atas tiga bagian yaitu tahap pendahuluan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada Tahapan pelaksanaan terbagi menjadi delapan bagian yaitu mengenalkan Konseling Pendekatan Cognitive Behavior (dasar dan latar belakangnya), klarifikasi masalah , menangkap pikiran, memeriksa dan menanggapi pikiran negative, mengenali pola pemikiran menyimpang, asumsi dan keyakinan, menyesuaikan perilaku, dan pengaturan tujuan (2) Kelompok siswa yang diberikan perlakuan berupa Konseling Pendekatan Cognitive Behavior, menunjukkan penurunan kecanduan media sosial yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang tidak diberikan Konseling Pendekatan Cognitive Behavior. Artinya penerapan Konseling Pendekatan Cognitive Behavior dapat mengurangi kecanduan media sosial siswa di SMA Negeri 2 Palopo. (3) Konseling Pendekatan Cognitive Behavior dapat mengurangi kecanduan media sosial di SMA Negeri 2 Palopo.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Sep 2022 06:47
Last Modified: 02 Sep 2022 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24542

Actions (login required)

View Item View Item