Penerapan Pembelajaran Kolaboratif Melalui Kegiatan Lesson Study untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Inovasi Pembelajaran Biologi

Faisal, Faisal and Saenab, Sitti and Adnan, Adnan (2013) Penerapan Pembelajaran Kolaboratif Melalui Kegiatan Lesson Study untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Inovasi Pembelajaran Biologi. Jurnal Bionature, 14 (2). ISSN 2654-5160

[img] Text (Dokumen)
27. Penerapan Pembelajaran Kolaboratif Melalui Kegiatan Lesson Study untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa.pdf

Download (485kB)
[img] Text (Hasil Peer Review)
27. Hasil Peer Review Penerapan Pembelajaran Kolaboratif Melalui Kegiatan Lesson Study untuk Meningkatka.pdf

Download (799kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/bionature/article/view/1452/...

Abstract

Penerapan Pembelajaran Kolaboratif melalui Kegiatan Lesson Study untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Inovasi Pembelajaran Biologi. Pembelajaran kolaboratif sangat menekankan pada aktivitas kelompok, interaksi belajar, dan kerjasama antara mahasiswa dalam mengerjakan tugas. Penerapan pembelajaran kolaboratif dalam penelitian tindakan kelas ini dirangkaikan dengan kegiatan lesson study, agar pelaksanaannya lebih efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa. Disamping itu antara dosen yang tergabung dalam tim lesson study juga dapat saling belajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Selama kegiatan pembelajaran, dosen memberikan tugas yang bersifat open ended yang mendorong kegiatan eksplorasi dan kolaborasi. Rancangan kegiatan pembelajaran kolaboratif diarahkan agar mahasiswa dapat terlibat secara aktif, dengan melakukan aktivitas belajar seperti mempresentasikan tugas, memperhatikan penjelasan dosen ataupun rekannya, berdiskusi, bertanya, mengemukakan pendapat, dan menjawab pertanyaan. Dari data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, tahapan pembelajaran kolaboratif yang diterapkan telah berhasil melibatkan mahasiswa secara aktif selama proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan, seluruh tahapan kegiatan pembelajaran sangat menekankan pada keterlibatan mahasiswa dari awal sampai akhir pembelajaran. Pelaksanaan lesson study selama penelitian ini, juga telah mempererat kolegalitas antara tim lesson study, membentuk mutual learning (saling belajar), dan meningkatkan profesionalisme dosen sebagai pendidik dan pengajar.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: adnan
Date Deposited: 18 Aug 2022 10:00
Last Modified: 24 Aug 2022 04:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24323

Actions (login required)

View Item View Item