PENGARUH BIMBINGAN SELF MANAGEMENT TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 BONTOMATENE KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

HASANUDDIN (2022) PENGARUH BIMBINGAN SELF MANAGEMENT TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 BONTOMATENE KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (73kB)
[img] Text
BAB 1 HASAN.doc

Download (56kB)
[img] Text
BAB 2 HASAN.docx

Download (68kB)
[img] Text
BAB 3 HASAN.doc

Download (144kB)
[img] Text
daftar pustaka.doc

Download (35kB)
[img] Text
Lampiran 1 PELAKSANAAN KEGIATAN.doc

Download (49kB)

Abstract

HASANUDDIN. 2013. Pengaruh Bimbingan Self Management Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Di SMAN 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar. Skripsi. Dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. H.M. Arifin Ahmad, MA dan Bapak Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Pengaruh Bimbingan self management Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Di SMAN 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gambaran Pengaruh bimbingan self management terhadap kedisiplinan belajar siswa di SMAN 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar. (2) Bagaimanakah tingkat keefektifan bimbingan self management terhadap kedisiplinan belajar di SMAN 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran pengaruh bimbingan self management terhadap kedisiplinan belajar siswa di SMAN 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar. (2) Untuk mengetahui tingkat keefektifan bimbingan self management terhadap kedisiplinan belajar siswa di SMAN 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan eksperimen yang bersifat kuantitatif dengan 20 subjek penelitian yang merupakan siswa SMAN 1 Bontomatene Kabupaten Keulauan Selayar. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan pedoman observasi, sedangkan teknik analisis data adalah analisis statistik deskriptif dan uji wilcoxon signed ranks test (Z). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) adanya perbedaan kedisiplinan belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan bimbingan self management maka ini menggambarkan bahwa terdapat pengaruh positif atas penggunaan bimbingan self management terhadap kedisiplinan belajar siswa di SMAN 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar. (2) Kedisiplinan belajar siswa di SMAN 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar sebelum pemberian bimbingan self management berada pada kategori rendah, dan setelah pemberian bimbingan self management berada pada kategori tinggi. Artinya bimbingan self management sangat efektif digunakan dalam mengatasi masalah kedisiplinan belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:36
Last Modified: 16 Aug 2022 03:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24306

Actions (login required)

View Item View Item