FITRIYANTI (2022) KURIKULUM PROGRAM FULL DAY SCHOOL SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR DISAAT PANDEMI COVID-19.
Text
ARTIKEL FITRIYANTI.pdf Download (762kB) |
|
Text
[SKRIPSI] FITRIYANTI 1641040018.pdf Download (4MB) |
Abstract
Fitriyanti. 2020. Kurikulum Program Full Day School SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar Disaat Pandemi COVID-19. Skripsi. Prodi Teknolo gi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dosen Pembimbing: Dr. Nurhikmah H, S.Pd, M.Si dan Dr. Arnidah, S.Pd, M.Si) Fokus dalam penelitian ini adalah implementasi program full day school di SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH ditinjau dari Standar Proses. Tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi program full day school disaat pandemi COVID-19 dan Standar Proses apakah sudah sesuai ataupun sebaliknya. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa program full day school SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH tetap mengacu pada kurikulum nasional yang selama ini dilaksanakan oleh satuan pendidikan dan melakukan adaptasi kurikulum secara mandiri sehingga langkah untuk mencapai tujuan dari program full day school dapat dilaksanakan dengan baik meskipun pada masa Pandemi COVID-19. Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar memadukan kurikulum terpadu yang diperkaya dengan sistem pendekatan islami melalui pengintegrasian antara aspek kognitif, afektif, psikomotorik dan pendidikan agama. Nilai inti yang ditekankan dalam implementasi full day school adalah nilai religius. Jadi semua kegiatan kurikuler, intrakurikuler, dan ekstrakurikuler dikaitkan dengan nilai keagamaan dan kemuhammadiyahan. Kurikulum program full day school SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar disaat Pandemi COVID-19 terimplementasi dengan kategori baik. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan indikator pencapaian kurikulum nasional dan kurikulum darurat pada masa Pandemi COVID-19 sesuai dengan Permendikbud Nomor 719 Tahun 2020, serta pemenuhan Standar proses mulai dari perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian dan pengawasan proses pembelajaran sesuai dengan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013. Kata Kunci: Kurikulum, Full day school, Standar Proses.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 01:11 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 01:11 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23984 |
Actions (login required)
View Item |