PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARANPADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMA YPLP PGRI 2 TAMALATE

LISA ROSALINA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARANPADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMA YPLP PGRI 2 TAMALATE.

[img] Text
Jurnal Media Video Pembelajaran.pdf

Download (305kB)
[img] Text
1. Sampul Skripsi.pdf

Download (196kB)
[img] Text
3. Persetujuan Dan Pengesahan.pdf

Download (226kB)
[img] Text
4. Pernyataan Keaslian Skripsi, Motto, Abstrak, Prakata.pdf

Download (282kB)
[img] Text
5. Daftar Isi dll.pdf

Download (197kB)
[img] Text
6.BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (510kB)
[img] Text
8.BAB III.pdf

Download (485kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
19. Lampiran Tanggapan Guru.pdf

Download (295kB)
[img] Text
20. Lampiran RPP.pdf

Download (945kB)
[img] Text
Dokumen 2-1-1.pdf

Download (369kB)
[img] Text
24. Riwayat Hidup.pdf

Download (21kB)

Abstract

LISA ROSALINA, 2019,“Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di SMA YPLP PGRI 2 Tamalate. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Amir, M.Pd dan Dr. Abdul Hakim, S.Pd, M.Si.; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa sulit memahami materi pelajaran Biologi karena kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah gambaran kebutuhan media video pembelajaran pada mata pelajaran biologi, bagaimanakah tingkat kevalidan dan kepraktisan media video pembelajaran yang dikembangkan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media video pembelajaran yang valid dan praktis yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa media video pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Borg and Gall (Arifin, 2014) yang kemudian diadaptasi oleh peneliti sesuai dengan tahapan penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti dan terdiri dari tahapan yang relatif sederhana. Model ini cocok digunakan untuk mengembangkan media video pembelajaran karena memiliki langkah-langkah yang lebih rinci. Adapun tahapan dalam pengembangan ini meliputi: tahap pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap validasi atau uji coba. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli desain media pembelajaran, ahli isi media pembelajaran, siswa kelas XI SMA YPLP PGRI 2 Tamalate dan guru Mata Pelajaran Biologi. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitatif, dan Analisis Statistik Deskriptif. Berdasarkan analisis hasil evaluasi dari ahli desain media pembelajaran, ahli isi media pembelajaran, hasil dari uji coba terbatas, hasil uji coba luas, serta hasil dari tanggapan guru Mata Pelajaran Biologi, maka dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran yang dikembangkan ini praktis digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran pada Mata Pelajaran Biologi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2022 00:40
Last Modified: 21 Jul 2022 00:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23977

Actions (login required)

View Item View Item