LISA ROSALINA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARANPADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMA YPLP PGRI 2 TAMALATE.
Text
Jurnal Media Video Pembelajaran.pdf Download (305kB) |
|
Text
1. Sampul Skripsi.pdf Download (196kB) |
|
Text
3. Persetujuan Dan Pengesahan.pdf Download (226kB) |
|
Text
4. Pernyataan Keaslian Skripsi, Motto, Abstrak, Prakata.pdf Download (282kB) |
|
Text
5. Daftar Isi dll.pdf Download (197kB) |
|
Text
6.BAB I.pdf Download (300kB) |
|
Text
7. BAB II.pdf Download (510kB) |
|
Text
8.BAB III.pdf Download (485kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
|
Text
19. Lampiran Tanggapan Guru.pdf Download (295kB) |
|
Text
20. Lampiran RPP.pdf Download (945kB) |
|
Text
Dokumen 2-1-1.pdf Download (369kB) |
|
Text
24. Riwayat Hidup.pdf Download (21kB) |
Abstract
LISA ROSALINA, 2019,“Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di SMA YPLP PGRI 2 Tamalate. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Amir, M.Pd dan Dr. Abdul Hakim, S.Pd, M.Si.; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa sulit memahami materi pelajaran Biologi karena kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah gambaran kebutuhan media video pembelajaran pada mata pelajaran biologi, bagaimanakah tingkat kevalidan dan kepraktisan media video pembelajaran yang dikembangkan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media video pembelajaran yang valid dan praktis yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa media video pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Borg and Gall (Arifin, 2014) yang kemudian diadaptasi oleh peneliti sesuai dengan tahapan penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti dan terdiri dari tahapan yang relatif sederhana. Model ini cocok digunakan untuk mengembangkan media video pembelajaran karena memiliki langkah-langkah yang lebih rinci. Adapun tahapan dalam pengembangan ini meliputi: tahap pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap validasi atau uji coba. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli desain media pembelajaran, ahli isi media pembelajaran, siswa kelas XI SMA YPLP PGRI 2 Tamalate dan guru Mata Pelajaran Biologi. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitatif, dan Analisis Statistik Deskriptif. Berdasarkan analisis hasil evaluasi dari ahli desain media pembelajaran, ahli isi media pembelajaran, hasil dari uji coba terbatas, hasil uji coba luas, serta hasil dari tanggapan guru Mata Pelajaran Biologi, maka dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran yang dikembangkan ini praktis digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran pada Mata Pelajaran Biologi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 00:40 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 00:40 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23977 |
Actions (login required)
View Item |