PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING PROGRAM EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKANKEWARGANEGARAAN KELAS XI MULTI MEDIA SMK NEGERI 1 DOMPUKABUPATEN DOMPU

ALIF RAHMAT HIDAYAT (2022) PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING PROGRAM EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKANKEWARGANEGARAAN KELAS XI MULTI MEDIA SMK NEGERI 1 DOMPUKABUPATEN DOMPU.

[img] Text
00 SAMPUL.docx

Download (36kB)
[img] Text
0. SAMPUL DALAM.docx

Download (37kB)
[img] Text
1. PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (43kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN KEASLIAN SKRISPI.docx

Download (18kB)
[img] Text
3. Motto, Abstrak, & Prakata.docx

Download (29kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.docx

Download (20kB)
[img] Text
5. DAFTAR TABEL.docx

Download (22kB)
[img] Text
6. DAFTAR GAMBAR.docx

Download (20kB)
[img] Text
7. DAFTAR Lampiran.docx

Download (21kB)
[img] Text
pkn BAB I.doc

Download (42kB)
[img] Text
pkn BAB II.docx

Download (48kB)
[img] Text
pkn BAB III.doc

Download (355kB)
[img] Text
ANALISIS DATA STATISTIK2.docx

Download (26kB)
[img] Text
Tabel db.docx

Download (27kB)
[img] Text
dokumentasi.docx

Download (701kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (41kB)

Abstract

Alif Rahmat Hidayat 2016. Pengaruh Penggunaan E-Learning Program Edmodo Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PKN Kelas XI SMK Negeri 1 Dompu Kabupaten Dompu. Skripsi. Dibimbing oleh Arnidah.S,Pd M.Si dan Dr. Nurhikmah H, S.Pd, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah ada pengaruh penggunaan E-Learning program edmodo terhadap hasil belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewargaan pada XI di SMK Negeri 1 Dompu? Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidak pengaruh penggunaan e-learning program edmodo terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas XI SMK Negeri 1 Dompu, Kabupaten Dompu di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Eksperimen. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI Multimedia, tahun pelajaran 2015/ 2016 yang berjumlah 64 siswa, dimana tiap kelas masing-masing memiliki siswa berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sempel yang digunakan non-probability sampling dengan teknik Sampling Jenuh yaitu dengan mengambil semua populasi sebagai sampel. Berdasarkan pertimbangan jumlah populasi tidak terlalu banyak dan mempertibangkan kedua kelas memiliki rata-rata hasil belajar, jumlah siswa, dan umur hampir sama. Selanjutnya peneliti menetapkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol secara acak yang dilakukan dengan undian. Dari hasil undian maka keluarlah kelas XI Multimedia 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Multimedia 1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang diperoleh yaitu hasil belajar antara kedua kelas dimana nilai hasil belajar kelas eksperimen diberikan perlakuan lebih tinggi dari kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis H1 = Ada pengaruh setelah penggunaan e-learning program edmodo terhadap hasil belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Dompu.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jul 2022 01:55
Last Modified: 19 Jul 2022 01:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23913

Actions (login required)

View Item View Item