PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH LIMBUNG KABUPATEN GOWA

Muhtadira (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH LIMBUNG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (31kB)
[img] Text
1 PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (26kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (14kB)
[img] Text
4. MOTO.docx

Download (13kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.docx

Download (21kB)
[img] Text
6. prakata.docx

Download (19kB)
[img] Text
7. daftar isi.docx

Download (19kB)
[img] Text
8-10. daftar gambar, tabel, lampiran.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB 3.docx

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (10kB)
[img] Text
10. Analisis data statistik.docx

Download (31kB)
[img] Text
11. Titik presentasi distribusi t.docx

Download (33kB)
[img] Text
12. DOKUMENTASI HASIL PENELITIAN.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (4MB)
[img] Video
VIDEO PERTEMUAN 1.mp4

Download (118MB)
[img] Video
VIDEO PERTEMUAN 2.mp4

Download (249MB)
[img] Video
VIDEO PERTEMUAN 3.mp4

Download (406MB)

Abstract

Muhtadira. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Limbung. Skripsi yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Amir, M.Si. dan Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata yang dicapai siswa kelas VIII tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) yakni 70. Dilihat dari permasalahan tersebut, bisa dikatakan bahwasanya proses pembelajaran siswa kurang fokus dan aktif menerima materi pelajaran yang disampaikan. sehingga ketertarikan siswa terhadap pembelajaran menjadi berkurang. Hal ini membuat hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menjadi rendah. Oleh karena itu, peneliti melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran yaitu penggunaan media video pembelajaran. Berangkat dari hal tersebut maka Rumusan masalah yang diangkat yaitu (1) Bagaimana gambaran penggunaan media video pembelajaran dalam Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Muhammadiyah Limbung Kab. Gowa (2) Bagaimana gambaran hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media video dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP Muhammadiyah Limbung Kab. Gowa (3) Apakah ada pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Limbung Kab. Gowa Tujuan penelitian (1) Mendeskripsikan gambaran penggunaan media Video pembelajaran dalam pembelajaran IPA Biologi kelas VIII SMP Muhammadiyah Limbung Kab. Gowa, (2) Mendeskripsikan gambaran hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media Video dalam pembelajaran IPA Biologi kelas VIII SMP Muhammadiyah Limbung Kab. Gowa. (3) Menguji ada tidaknya pengaruh penggunaan media Video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dalam Pembelajaran IPA Biologi Kelas VIII SMP Muhammadiyah Limbung Kab. Gowa. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen. Dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Limbung Kab. Gowa yang berjumlah 324 orang dan sampel berjumlah 66 orang siswa yang terdiri dari 33 siswa di kelompok kontrol yang diterapkan pada kelas VIII.4 dan 33 siswa di kelompok eksperimen yang diterapkan pada kelas VIII.6. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistic inferensial. Hasil penelitian ini berupa pengujian hipotesis dari hasil t-test dengan thitung > ttabel pada taraf signifikasi 5% maupun 1%. Setelah diuji maka hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media Video Pembelajaran berbasis terhadap hasil belajar Mata Pelajaran IPA Biologi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Limbung.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:28
Last Modified: 18 Jul 2022 02:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23887

Actions (login required)

View Item View Item