Sarlina S. (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS VIII MTS SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA.
Text
1. SAMPUL.docx Download (54kB) |
|
Text
2. HALAMAN JUDUL.doc.docx Download (58kB) |
|
Text
3. PERTANYAAN KEASLIAN SKRISPI.docx Download (17kB) |
|
Text
4. MOTTO.docx Download (17kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.docx Download (28kB) |
|
Text
6. PRAKATA.docx Download (22kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.docx Download (18kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.docx Download (20kB) |
|
Text
9. DAFTAR TABEL.docx Download (19kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (26kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (87kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (46kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (55kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (27kB) |
|
Text
L 12 DOKUMENTASI.docx Download (2MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (57kB) |
Abstract
Sarlina S. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ipa Biologi Siswa Kelas VIII B MTs Syekh Yusuf Kabupaten Gowa. Skripsi.Dibimbing oleh Dr. Abdul Hakim, S.Pd, M,Si dan Dr. H. Abdul Haling, M,Pd. Program Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan karena model pembelajaran yang kurang sesuai dan hanya berpusat pada guru (teacher centered) sehingga siswa terkesan pasif. Dari asumsi tersebut penulis beranggapan bahwa diperlukan perbaikan pada proses pembelajaran melalui penelitian model pembelajaran kooperatif tipe Think pair share adapun Rumusan Masalah dalam penelitian ini (1) Apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Paire Share terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII MTs Syech Yusuf Sungguminasa, Gowa?. Tujuan dari penelitian ini (1) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Paire Share terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII MTs Syekh yusuf kab. Gowa. Metode yang digunakan adalah metode pre-eksperimen melalui pendekatan kuantitatif.Hasil tes yang dilakukan sebelum dan sesudah tindakan dapat dilihat dari hasil pretest dan postets, siswa yang mengalami peningkatan.Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskripif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan analisis deskriptif dari pedoman observasi guru dan siswa disimpulkan bahwa Ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar 38 siswa pada mata pelajaran ipa biologi kelas VIII di MTs Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, Hasil belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Think Pair Share mengalami peningkatan.Pembelajaran dengan penerapan model Think Pair Share pada mata pelajaran ipa biologi, membuat siswa memiliki pengalaman baru dalam belajarnya, siswa lebih aktif dan siswa lebih termotivasi belajar, bekerjasama dengan baik dengan pasangannya, memiliki hubungan sosial dengan teman sekelasnya dan meningkatkan kemampuan siswa dalam berfikir, dan berdasarkan analisis inferensial penerapan think pair share pada Mata Pelajaran ipa biologi Kelas VIII MTs Syekh Yusuf kabupaten gowa berada pada kategori baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 02:36 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 02:36 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23842 |
Actions (login required)
View Item |