PENGARUH PENGGUNAAN ANIMASI MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA NEGERI 2 SUKAMAJU KABUPATEN LUWU UTARA

EDI BUDIANTORO (2022) PENGARUH PENGGUNAAN ANIMASI MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA NEGERI 2 SUKAMAJU KABUPATEN LUWU UTARA.

[img] Text
1. Sampul depan skripsi fix.docx

Download (53kB)
[img] Text
2. Halaman judul 2 fix.docx

Download (55kB)
[img] Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING fix.docx

Download (88kB)
[img] Text
4. keaslian skripsi.doc

Download (56kB)
[img] Text
5. Motto.doc

Download (24kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.doc

Download (34kB)
[img] Text
7. Prakata.doc

Download (39kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI baru.doc

Download (37kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
[img] Text
Lampiran edhy.docx

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (44kB)

Abstract

Edi Budiantoro. 2015. Pengaruh Penggunaan Animasi Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi kelas X SMA Negeri 2 Sukamaju Kabupaten Luwu Utara. Skripsi. Dibimbing oleh Drs.H.Abd.Karim H.Ahmad, M.Pd sebagai pembimbing I dan Dra. Hj. Sumartini, M.Pd sebagai pembimbing II. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah guru melaksanakan kegiatan pembelajaran tanpa penggunaan media dan kurang memanfaatkan media sebagai sumber belajar, khususnya dalam mata pelajaran Biologi. Rumusan masalahnya yaitu apakah ada pengaruh penggunaan animasi macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X SMA Negeri 2 Sukamaju Kabupaten Luwu Utara?.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan animasi macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X SMA Negeri 2 Sukamaju Kabupaten Luwu Utara. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Sukamaju yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 204 orang.Kelas yang dipilih sebagai sampel yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 40 siswa dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 40 siswa yang diambil dengan cara purposive sampling yang didasarkan pada criteria tertentu.Variabel dalam penelitian ini adalah variable bebas yaitu pembelajaran menggunakan media Macromedia Flash di kelas eksperimen dan pembelajaran tanpa menggunakan media Macromedia Flash di kelas kontrol, dan variable terikat adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument tes, dan dokumentasi.Analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan media Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X SMA Negeri 2 Sukamaju Kabupaten Luwu Utara, artinya hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media Macromedia Flash lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan media Macromedia Flash.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jul 2022 07:24
Last Modified: 14 Jul 2022 07:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23816

Actions (login required)

View Item View Item