EDI BUDIANTORO (2022) PENGARUH PENGGUNAAN ANIMASI MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA NEGERI 2 SUKAMAJU KABUPATEN LUWU UTARA.
Text
1. Sampul depan skripsi fix.docx Download (53kB) |
|
Text
2. Halaman judul 2 fix.docx Download (55kB) |
|
Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING fix.docx Download (88kB) |
|
Text
4. keaslian skripsi.doc Download (56kB) |
|
Text
5. Motto.doc Download (24kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.doc Download (34kB) |
|
Text
7. Prakata.doc Download (39kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI baru.doc Download (37kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (32kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (44kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (21kB) |
|
Text
Lampiran edhy.docx Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Download (44kB) |
Abstract
Edi Budiantoro. 2015. Pengaruh Penggunaan Animasi Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi kelas X SMA Negeri 2 Sukamaju Kabupaten Luwu Utara. Skripsi. Dibimbing oleh Drs.H.Abd.Karim H.Ahmad, M.Pd sebagai pembimbing I dan Dra. Hj. Sumartini, M.Pd sebagai pembimbing II. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah guru melaksanakan kegiatan pembelajaran tanpa penggunaan media dan kurang memanfaatkan media sebagai sumber belajar, khususnya dalam mata pelajaran Biologi. Rumusan masalahnya yaitu apakah ada pengaruh penggunaan animasi macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X SMA Negeri 2 Sukamaju Kabupaten Luwu Utara?.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan animasi macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X SMA Negeri 2 Sukamaju Kabupaten Luwu Utara. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Sukamaju yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 204 orang.Kelas yang dipilih sebagai sampel yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 40 siswa dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 40 siswa yang diambil dengan cara purposive sampling yang didasarkan pada criteria tertentu.Variabel dalam penelitian ini adalah variable bebas yaitu pembelajaran menggunakan media Macromedia Flash di kelas eksperimen dan pembelajaran tanpa menggunakan media Macromedia Flash di kelas kontrol, dan variable terikat adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument tes, dan dokumentasi.Analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan media Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X SMA Negeri 2 Sukamaju Kabupaten Luwu Utara, artinya hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media Macromedia Flash lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan media Macromedia Flash.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 07:24 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 07:24 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23816 |
Actions (login required)
View Item |