PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA BLOG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 MAKASSAR

Abd.Chalid Idris. (2022) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA BLOG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 MAKASSAR.

[img] Text
sampul depan.docx

Download (53kB)
[img] Text
daftar isi 222.docx

Download (20kB)
[img] Text
ABSTRAK CHALID.docx

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA skripsi.docx

Download (19kB)
[img] Text
dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
DOKUMNETASI MEDIA.docx

Download (580kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (38kB)

Abstract

Abd.Chalid Idris. 2013. Pengaruh Pemanfaatan Media Blog Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas XI IPA1 SMA Negeri 3 Makassar.Skripsi. Dibimbing oleh Arnidah. S,Pd M.Si dan Farida Febriati, S.S, M.Si. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pemanfaatan media blog terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas XI IPA.1 SMA Negeri 3 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemanfaatan media blog terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas XI IPA1 SMA Negeri 3 Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Makassar yang berjumlah 181 orang dan sampel berjumlah 60 orang siswa yang terdiri dari 30 siswa dikelompok kontrol yang diterapkan pada kelas XI IPA2 dan 30 siswa dikelompok eksperimen yang diterapkan pada kelompok XI IPA1. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan media blog, dengan yang tidak menggunakan media blog ditunjukkan hasil belajar yang lebih baik dibanding dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari hasil t-test yaitu yang menunjukkan data hasil t hitung ˃ t tabel pada taraf signifikan 5 %. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan media blog dalam mata pelajaran biologi dengan Kelas yang tanpa menggunakan media blog dalam mata pelajaran biologi yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jul 2022 01:10
Last Modified: 07 Jul 2022 01:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23729

Actions (login required)

View Item View Item