KINERJA KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK DI SMP NEGERI 3 BUNGORO KECAMATAN BUNGORO KABUPATEN PANGKEP

TATIK SRI SUHARTI (2022) KINERJA KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK DI SMP NEGERI 3 BUNGORO KECAMATAN BUNGORO KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (18kB)
[img] Text
AWALAN.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)

Abstract

TATIK SRI SUHARTI, 2016. Kinerja Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Akademik di SMP Negeri 3 Bungoro Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep. Skripsi dibimbing oleh Prof. Suparlan Suhartono, M.Ed, Ph.D dan Dr. Wahira, M.Pd Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang kinerja kepala sekolah sebagai supervisor akademik di SMP Negeri 3 Bungoro Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja kepala sekolah sebagai supervisor akademik pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi supervisi akademik di SMP Negeri 3 Bungoro Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep. Berdasarkan fokus penelitian tersebut maka pnelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kinerja kepala sekolah sebagai supervisor akademik yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi supervisi akademik di SMP Negeri 3 Bungoro Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu pendekatan yang menggambarkan fenomena yang diteliti dalam bentuk deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja kepala sekolah sebagai supervisor akademik di SMP Negeri 3 Bungoro Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep berjalan sesuai dengan prosedur yang ada mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Hal ini ditunjukkan dari perencanaan supervisi akademik kepala sekolah sudah melakukan penyusunan rancangan supervisi, waktu dan penetapan tujuan yang digunakan dalam supervisi akademik; pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah sudah melaksanakan supervisi akademik kepada tenaga pendidiknya mulai dari bentuk dan teknik supervisi yang dilakukan seperti observasi/kunjungan kelas, pembicaraan individual, dan rapat tenaga pendidik; dan evaluasi supervisi akademik kepala sekolah sudah melakukan evaluasi seperti mengadakan rapat untuk membahas hasil dari supervisi akademik kemudian diberikan tindaklanjut berupa bimbingan dan bantuan. Dari keseluruhan hasil supervisi akademik kepala sekolah mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sudah dijalankan sesuai dengan prosedur dan dari keseluruhan hasil supervisi akademik sudah dapat memberikan dampak yang begitu besar kepada kompetensi tenaga pendidik dalam proses peningkatan pembelajarannya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Apr 2022 01:54
Last Modified: 22 Apr 2022 01:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23141

Actions (login required)

View Item View Item