PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN MELAYU MUHAMMADIYAH KECAMATAN WAJO KOTA MAKASSAR

NURUL REZKI AULIA (2022) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN MELAYU MUHAMMADIYAH KECAMATAN WAJO KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul dll.docx

Download (62kB)
[img] Text
proposalku.docx

Download (107kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (18kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (31kB)

Abstract

Nurul Rezki Aulia, 2016. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Melayu Muhammadiyah Kecamatan Wajo Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh : Dra. Hj. Nurhaedah A, M.Si dan Ahmad Syawaluddin, S. Kom., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Melayu Muhammadiyah Kecamatan Wajo Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan CTL untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Melayu Muhammadiyah Kecamatan Wajo Kota Makassar? Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan pendekatan CTL untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Melayu Muhammadiyah Kecamatan Wajo Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan pendekatan CTL dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Melayu Muhammadiyah Kecamatan Wajo Kota Makassar. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran, serta meningkatkan hasil belajar siswa. Aktivitas guru pada siklus I (pertemuan 1 & 2) berada pada kategori cukup dan pada siklus II (pertemuan 1 & 2) berada pada kategori baik. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 berada pada kategori kurang, pertemuan 2 mengalami peningkatan berada pada kategori cukup, aktivitas siswa siklus II (pertemuan 1 & 2) berada pada kategori baik. Peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Melayu Muhammadiyah Kecamatan Wajo Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Apr 2022 00:52
Last Modified: 22 Apr 2022 00:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23130

Actions (login required)

View Item View Item