STUDI TENTANG MANAJEMEN KESISWAAN PADA SMP TERBUKA PANAKKUKANG MAKASSAR

ANGGUN PURNAMASARI (2022) STUDI TENTANG MANAJEMEN KESISWAAN PADA SMP TERBUKA PANAKKUKANG MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI LAMPIRAN.docx

Download (58kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)

Abstract

Anggun Purnamasari, 2015. Studi tentang manajemen kesiswaan pada SMP Terbuka Panakkukang Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra.Nirmala S.Pd, M.Si dan Sumarlin Mus S.Pd, M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Manajemen Kesiswaan pada SMP Terbuka Panakkukang Makassar. Fokus penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan manajemen kesiswaan pada SMP Terbuka Panakkukang Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan manajemen kesiswaan pada SMP Terbuka Panakkukang Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu berusaha menggambarkan fenomena yang diteliti dalam bentuk deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan wakil kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Perencanaan peserta didik di SMP Terbuka, prosedur yang dilaksanakan belum terlaksana secara optima (2) Penerimaan peserta didik yang prosedurnya yang fleksibel menyesuaikan dengan SMP reguler (3) Orientasi peserta didik, pihak sekolah menciptakan suasana komunikasi yang baik agar peserta didik SMP reguler dengan SMP Terbuka serta para guru dapat terjalin dengan baik (4) Kehadiran dan ketidakhadiran peserta didik, pembinaan disiplin kehadiran pada peserta didik SMP Terbuka masih kurang perhatian dari pihak sekolah melihat karakter kepribadian dan latar belakang peserta didik yang berbeda-beda (5) Pengelompokan peserta didik, didasarkan pada bakat dan kemampuan umum yang dimiliki peserta didik (6) Evaluasi peserta didik SMP Terbuka dilaksanakan sesuai dengan jadwal SMP reguler (7) Kenaikan tingkat peserta didik SMP Terbuka berdasarkan hasil ujian akhir yang diadakan oleh sekolah (8) Peserta didik yang mutasi dan drop out, yaitu ketika peserta didik tidak mampu menaati tata tertib sekolah (9) Kode etik sekolah, pembinaan dan bimbingan disiplin peserta didik (10) Kelulusan dan Alumni, standar kelulusan berdasarkan hasil Ujian Nasional serta pihak sekolah menjalin komunikasi yang baik dengan para alumni.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:17
Last Modified: 21 Apr 2022 02:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23089

Actions (login required)

View Item View Item