STUDI TENTANG PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN PAUD RAMA YAYASAN PENDIDIKAN RAMA PANAKKUKANG MAS KOTA MAKASSAR

SRI AYU NINGSIH (2022) STUDI TENTANG PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN PAUD RAMA YAYASAN PENDIDIKAN RAMA PANAKKUKANG MAS KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (30kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (98kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1,2,3.docx

Download (22kB)
[img] Text
LAMPIRAN 4.docx

Download (35kB)
[img] Text
Lampiran 5,6.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (241kB)

Abstract

SRI AYU NINGSIH, 2015, Studi Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini di Kelompok Bermain PAUD Rama Yayasan Pendidikan Rama Panakkukang Mas Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Istiyani Idrus, M.Si dan Dra.Hj.Bulkis Said M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Studi ini mengkaji tentang penyelenggaraan pendidikan anak usia dini di kelompok bermain PAUD Rama Yayasan pendidikan Rama Panakkukang Mas Kota Makassar. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penyelenggaraan pendidikan anak usia dini di kelompok bermain PAUD Rama Yayasan pendidikan Rama Panakkukang Mas Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini di kelompok bermain PAUD Rama Yayasan pendidikan Rama Panakkukang Mas Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan pendidikan anak usia dini di kelompok bermain PAUD Rama Yayasan pendidikan Rama Panakkukang Mas Kota Makassar dilakukan melalui 3 prinsip penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yaitu, (1)Belajar Sambil bermain, ditandai dengan penerapan metode pembelajaran pada kegiatan-kegiatan yang memberikan kebebasan kepada anak untuk bereksplorasi, berkreasi, dan menciptakan suatu bentuk kreativitas. (2) Pembelajaran terpadu, dengan proses pembelajaran pada anak usia dini yang memadukan berbagai aspek dalam pembelajaran seperti aspek kognitif, aspek psikomotorik dan aspek afektif yakni dengan penggunaan tema yang menarik dan dapat mengembangkan minat anak didik dan bersifat kontekstual (3) Mengembangkan berbagai kecakapan hidup (Life Skill), dengan memberikan berbagai kecakapan hidup melalui proses pembiasaan sehingga anak mampu mandiri, disiplin, menolong dirinya sendiri dan bertanggung jawab. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penyelenggaraan pendidikan anak usia dini di kelompok bermain PAUD Rama Yayasan pendidikan Rama Panakkukang Mas Kota Makassar telah melaksanakan Program Pendidikan Anak Usia Dini sesuai dengan Prinsip penyelenggaraan PAUD.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:21
Last Modified: 06 Apr 2022 01:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22773

Actions (login required)

View Item View Item