PENGGUNAAN KARTU HURUF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB-C YPPLB 2 MAKASSAR

MUHAMMAD HAKIM RASUL (2022) PENGGUNAAN KARTU HURUF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB-C YPPLB 2 MAKASSAR.

[img] Text
0 COVER.docx

Download (24kB)
[img] Text
1.docx

Download (862kB)
[img] Text
2 BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
3 BAB II.docx

Download (107kB)
[img] Text
4 BAB III.docx

Download (23kB)
[img] Text
5 BAB IV.docx

Download (88kB)
[img] Text
6 BAB V.docx

Download (20kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
8 BATAS LAMPIRAN.docx

Download (14kB)
[img] Text
9 LAMPIRAN.docx

Download (2MB)
[img] Text
10 RIWAYAT HIDUP.docx

Download (41kB)
[img] Text
JURNAL Hakim.docx

Download (230kB)

Abstract

MUHAMMAD HAKIM RASUL, 2018. Penggunaan Kartu Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II Di SLB C YPPLB 2 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Kasmawati, M. Si. Dan Dr. Tiyanto Pristiwaluyo, M. Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Permasalahan pokok dalam penulisan skripsi ini adalah kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB C YPPLB 2 Makassar yang masih rendah. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah ”1) Bagaimanakah kemampuan membaca murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB C YPPLB 2 Makassar sebelum penggunaan media kartu huruf?. 2) Bagaimanakah kemampuan membaca murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB C 2 YPPLB Makassar setelah penggunaan media kartu huruf?. 3) Apakah ada peningkatan kemampuan membaca pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB C YPPLB 2 Makassar melalui penggunaan media kartu huruf ?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui” 1) Kemampuan membaca murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB C YPPLB 2 Makassar sebelum penggunaan media kartu huruf. 2) Kemampuan membaca murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB C YPPLB 2 Makassar setelah penggunaan media kartu huruf. 3) Ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB C YPPLB 2 Makassar melalui penggunaan media kartu huruf.” Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang bersifat menggambarkan mengenai kemampuan membaca murid yang analisisnya menggunakan analisis statistik. Subjek penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan kelas II di SLB C YPPLB 2 Makassar yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes perbuatan yakni membaca huruf, suku kata dan kata. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif untuk memberikan gambaran kemampuan mambaca murid tersebut. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ”1) Kemampuan membaca murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB C YPPLB II Makassar sebelum menggunakan media kartu huruf menunjukkan kategori tidak mampu, 2) Kemampuan membaca murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB C YPPLB II Makassar setelah menggunakan media kartu huruf menunjukkan kategori mampu dan 3) Ada peningkatan kemampuan membaca pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB C YPPLB II Makassar dari kategori tidak mampu menjadi mampu.”

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Feb 2022 06:35
Last Modified: 23 Feb 2022 06:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22312

Actions (login required)

View Item View Item