PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB B YPPLB MAKASSAR

ZAKIYAH APRIANA SALBAH (2022) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB B YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL DEPAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] Text
LAMP 1.pdf

Download (176kB)
[img] Text
LAMP 2.pdf

Download (100kB)
[img] Text
LAMP 3.pdf

Download (108kB)
[img] Text
LAMP 4.pdf

Download (128kB)
[img] Text
LAMP 5.pdf

Download (274kB)
[img] Text
LAMP 6.pdf

Download (299kB)
[img] Text
LAMP 7.pdf

Download (143kB)
[img] Text
LAMP 8.pdf

Download (267kB)
[img] Text
LAMP 9.pdf

Download (598kB)
[img] Text
Persuratan.pdf

Download (919kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (93kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (325kB)

Abstract

ZAKIYAH APRIANA SALBAH, 2018. Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Siswa Tunarungu Kelas Dasar II Di SLB-B YPPLB Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Bastiana, M.Si dan Drs. H. Agus Marsidi, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: Rendahnya hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pada siswa tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPLB Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1). Bagaimanakah hasil belajar penjumlahan dan pengurangan sebelum menggunakan media gambar pada siswa tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPLB Makassar ? 2). Bagaimanakah hasil belajar penjumlahan dan pengurangan sesudah menggunakan media gambar pada siswa tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPLB Makassar ?3). Apakah media gambar dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan siswa tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPLB Makassar ? Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui hasil belajar penjumlahan dan pengurangan sebelum menggunakan media gambar pada siswa tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPLB Makassar.2). Untuk mengetahui hasil belajar penjumlahan dan pengurangan sesudah menggunakan media gambar pada siswa tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPLB Makassar. 3). Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan sesudah menggunakan media gambar pada siswa tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPL Makassar..Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPLB Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Data diolah dengan analisis deskriptif dan disajikan dalam bentuk grafik batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Hasil belajar penjumlahan dan pengurangan siswa tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPLB Makassar sebelum penggunaan media gambar berada di kategorikan sangat kurang. 2). Hasil belajar penjumlahan dan pengurangan siswa tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPLB Makassar sesudah penggunaan media gambar berada di kategori baik dan sangat baik. 3). Adanya peningkatan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan siswa tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPLB Makassar sesudah penggunaan media gambar, mulai dari tes awal sampai tes akhir terlihat adanya peningkatan. Kesimpulan hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pada siswa tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPLB Makassar dengan penggunaan media gambar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Feb 2022 05:28
Last Modified: 21 Feb 2022 05:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22226

Actions (login required)

View Item View Item