PENGGUNAAN PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR IV DI SLB NEGERI 02 MAKASSAR

INDAH ISLAMIAH PRATIWI (2022) PENGGUNAAN PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR IV DI SLB NEGERI 02 MAKASSAR.

[img] Text
(1) sampul paling depan.pdf

Download (17kB)
[img] Text
(2) Sampul kedua sampai Daftar Isi.pdf

Download (60kB)
[img] Text
(2) MOTO DAN PERUNTUKAN.pdf

Download (13kB)
[img] Text
(3) BAB I.pdf

Download (31kB)
[img] Text
(4) BAB II.pdf

Download (102kB)
[img] Text
(5) BAB III.pdf

Download (29kB)
[img] Text
(6) BAB IV.pdf

Download (393kB)
[img] Text
(7) BAB V.pdf

Download (18kB)
[img] Text
(8) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] Text
(9) LAMPIRAN.pdf

Download (459kB)
[img] Text
JURNAL INDAH.pdf

Download (117kB)

Abstract

INDAH ISLAMIAH PRATIWI. 2018. Penggunaan Permainan Teka-Teki Silang Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Indonesia pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar IV di SLB Negeri 02 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Purwaka Hadi, M.Si dan Drs. H. Syamsuddin, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa; Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian yang terjadi di SLB Negeri 02 Makassar di mana terdapat murid tunagrahita ringan kelas dasar IV Anak sulit untuk mengucapkan atau menuliskan kosa kata yang benar. Rumusan masalah dalam penelitian adalah. Apakah Permainan Teka-Teki Silang Bergambar dapat Meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia pada Anak Tunagrahita Ringan? Tujuan utama dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan penguasaan kosa kata bagi murid tunagrahita kelas dasar IV di SLB Negeri Makassar dengan menggunakan media permainan teka teki silang bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan tes awal dan tes akhir. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Negeri 02 Makassar yang berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik tes perbuatan. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penguasaan kosa kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Negeri 02 Makassar sebelum penggunaan media Permainan Teka-teki Silang Bergambar berada dalam kategori tidak mampu. Hasil kemampuan penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Negeri 02 Makassar setelah penggunaan media permainan Teka-teki Silang Bergambar berada dalam kategori sangat mampu. Artinya ada peningkatan kemampuan penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Negeri 02 Makassar melalui penggunaan media Permainan teka–teki silang bergambar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Feb 2022 06:05
Last Modified: 18 Feb 2022 06:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22196

Actions (login required)

View Item View Item