PENERAPAN PENDEKATAN SAVI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK DISLEKSIA KELAS V DI SDN KALUKUANG III MAKASSAR

Boedy Susanto (2022) PENERAPAN PENDEKATAN SAVI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK DISLEKSIA KELAS V DI SDN KALUKUANG III MAKASSAR.

[img] Text
My sampul.docx

Download (30kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBIN tutup..docx

Download (117kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (41kB)
[img] Text
skripsi mau di kerja budy.docx

Download (14MB)
[img] Text
P. JURNAL.docx

Download (79kB)

Abstract

BOEDY SUSANTO , 2017. Penerapan Pendekatan SAVI (Somatic, Audiotori, Visual, Intelektual) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Disleksia Kelas V Di SD Negeri Kalukuang III Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. St. kasmawati, M.Si. dan Dra.Tatiana Meidina M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan pendekatan SAVI terhadap kemampuan membaca pada anak disleksia di kelas V SD Negeri Kalukuang III Makassar. Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimanakah penerapan pendekatan SAVI dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak disleksia kelas V SD Negeri Kalukuang III Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “ Penerapan pendekatan SAVI dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak disleksia kelas V di SD Negeri Kalukuang III Makassar. Dalam hal ini digunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian yaitu eksperimen subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain A (Baseline 1) --- B (Intervensi) --- A (Baseline 2).Subjek adalah 1 orang murid yang dapat disimpulkan mengalami disleksia kelas dasar V di SD Negeri Kalukuang III Makassar. Teknik pengumpulan data dalam hal ini adalah melalui tes. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat di simpulkan bahwa: (1) pada fase baseline 1 (A1) atau sebelum penerapan SAVI kemampuan membaca anak disleksia mulai dari sesi pertama sampai sesi keempat masih dalam kategori tidak mampu berdasarkan skor yang di peroleh. Pada fase baseline 2 (A2) atau setelah penerapan SAVI kemampuan membaca pada anak disleksia mulai dari sesi pertama sampai dengan sesi keempat masuk dalam kategori mampu berdasarkan skor yang di peroleh. (2) kemampuan membaca kata pada subjek RA meningkat secara siginifikan seiring dengan pemberian intervensi yang diberikan, hal ini berdasarkan pada skor yang diperoleh anak, (3) penerapan pendekatan SAVI memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa, hal ini berdasarkan skor kemampuan membaca yang diperoleh anak , sehingga penerapan pendekatan SAVI dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak disleksia kelas V di SDN Kalukuang III Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Feb 2022 06:40
Last Modified: 16 Feb 2022 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22150

Actions (login required)

View Item View Item