PENINGKATAN PEMILIKAN KOSAKATA MELALUI MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN KAMUS BERGAMBAR PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR IV DI SLB B YPPLB MAKASSAR

MERI ANDANI (2022) PENINGKATAN PEMILIKAN KOSAKATA MELALUI MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN KAMUS BERGAMBAR PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR IV DI SLB B YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
RIWAYAT.docx

Download (354kB)
[img] Text
PROPSL DESKR (Repaired).docx

Download (74kB)

Abstract

MERI ANDANI . 2011. Peningkatan Pemilikan Kosakata Melalui Membaca Menggunakan Kamus Bergambar Pada Murid Tunarungu Kelas Dasar IV di SLB B YPPLB Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Bapak Drs. M. Shodiq AM, M.Pd dan Bapak Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pemilikan kosakata murid tunarungu kelas dasar IV di SLB B YPPLB Makassar sebelum dan setelah menggunakan kamus bergambar. Adapun tujuan diadakannya penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan pemilikan kosakata setelah melalui kegiatan membaca menggunakan kamus bergambar pada murid tunarungu kelas IV di SLB B YPPLB Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif yaitu memberikan kamus bergambar pada pembelajaran bahasa Indonesia untuk mengetahui kepemilikan kosakata pada murid tunarungu kelas dasar IV di SLB B YPPLB Makassar Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurangnya kepemilikan kosakata murid tunarungu kelas dasar IV di SLB B YPPLB Makassar sebelum menggunakan kamus bergambar. Adapun jumlah pemilikan kosakata murid tunarungu sebelum menggunakan kamus bergambar pada A.M sebanyak 17 kosakata dan A sebanyak15 kosakata. Sedangkan setelah penggunaan kamus bergambar melalui bacaan dapat meningkatkan kepemilikan kosakata pada murid tunarungu di SLB B YPPLB Makassar. Adapun jumlah kosakata murid tunarungu setelah menggunakan kamus bergambar pada A.M sebanyak 23 dan A sebanyak 20 kosakata. Hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kamus bergambar melalui bacaan dapat meningkatkan pemilikan kosakata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia murid tunarungu kelas dasar IV di SLB B YPPLB Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:44
Last Modified: 11 Jan 2022 03:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21689

Actions (login required)

View Item View Item